UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas III B Di SDN 021 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas III B Di SDN 021 Tarakan

Pengarang : Mika Purnamasari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flash card pada membaca permulaan materi tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup subtema 3 perkembangan hewan. penelitian ini dilatar belakangi dengan keterampilan membaca permulaan siswa kelas iii, kurangnya media yang digunakan pada proses pembelajaran membaca permulaan. penelitian ini menghasilkan media pembelajaran flash card yang layak digunakan untuk membaca permulaan pada saat proses pembelajaran berlangsung, yang ditinjau dari validasi media, bahasa, materi, dan praktisi. selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran flash card. prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan addie yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). hasil validasi yang telah dilakukan terhadap ahli media, diperoleh persentase sebesar 92,5%, ahli bahasa sebesar 80%, ahli materi sebesar 94,2%, ahli praktisi sebesar 97,7% . hasil validasi yang dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran flash card berada pada kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. hasil uji coba respon siswa terhadap media pembelajaran flash card memperoleh persentase 93,6% pada uji coba terbatas, dan 98,5% pada uji coba lapangan. hasil angket respon siswa mengenai media pembelajaran flash card pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa respon siswa yang di berikan pada media pembelajaran flash card sangat baik. kata kunci: model addie, media pembelajaran flash card, membaca permulaan

Abstrak Indonesia

This study aimed to create flashcard learning materials for the first reading of content on theme one, the growth and development of organisms, and subtheme three, which is the development of animals. the third graders' beginning reading abilities and the need for additional media in the early reading learning process served as the driving forces for this study. this study created a flashcard learning tool appropriate for first reading during the learning process and has been approved by practitioners, media, language, and materials. this study examined how the flashcard learning media affected the students' responses. the five phases of the addie development model-analysis, design, development, implementation, and evaluation are used in this study. 92.5% of media experts, 80% of language experts, 94.2% of material experts, and 97.7% of practitioner experts received validation results. the validation result showed that the learning medium for flashcards is appropriate for the learning process. furthermore, the confined trial gained 93.6%, and the field trials gained 98.5% in the student answers to the flashcard learning medium, indicating a very good reaction. the study's conclusions suggested that using flashcard learning materials is appropriate. keywords: addie model, flash card learning media, beginning reading