UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-B SD Negeri 006 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-B SD Negeri 006 Tarakan

Pengarang : Nurfaidah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Membaca permulaan merupakan membaca tahap awal yang diajarkan di sekolah dasar yaitu pada kelas i dan ii, pada tahap ini siswa diajarkan agar dapat mengenal huruf, atau mampu mengingat dan melafalkan huruf, simbol, dan lambang-lambang bahasa, setelah itu siswa akan belajar merangkai huruf menjadi suku kata, kata, kemudian menjadi kalimat. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa kelas i-b sd negeri 006 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. subjek penelitian dipilih berdasarkan kategori mandiri, berkembang dan perlu bimbingan. pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara dengan hasil analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek dengan kategori mandiri apabila mampu menyelesaikan seluruh tes kemampuan membaca permulaan dan hampir tidak melakukan kesalahan pada tes yang diujikan, pada kelas ini terdapat 3 siswa yang termasuk dalam kategori mandiri dengan presentase 11,5% dari 26 subjek (2) subjek dengan kategori berkembang mampu menyelesaikan seluruh tes kemampuan membaca permulaan namun masih terdapat beberapa kesalahan dalam tes yang diujikan, pada kelas ini terdapat 4 siswa yang termasuk dalam ketegori berkembang dengan presentase 15%, (3) subjek dengan kategori perlu bimbingan apabila tidak mampu menyelesaikan seluruh tes kemampuan membaca permulaan pada kelas ini terdapat 19 siswa yang termasuk dalam kategori perlu bimbingan dengan presentase 73%. kata kunci: membaca permulaan, egra, deskriptif kualitatif

Abstrak Indonesia

Early reading is the initial reading stage taught in elementary schools, specifically in grades i and ii. at this stage, students are taught to recognize letters or to remember and pronounce letters, symbols, and language symbols. subsequently, students learn to combine letters into syllables, words, and sentences. this research aimed to describe the early reading abilities of grade 1-b students at sd negeri 006 tarakan. the research design used was descriptive qualitative. research subjects were selected based on independent, developing, and requiring guidance categories. data collection was conducted through tests and interviews, with the results analyzed using qualitative descriptive analysis. the results of the study showed that (1) subjects categorized as independent were able to complete all early reading ability tests and made almost no mistakes in the tests. in this class, there are 3 students categorized as independent, accounting for 11.5% of 26 subjects, (2) subjects categorized as developing were able to complete all early reading ability tests but still made some mistakes in the tests. in this class, there are 4 students categorized as developing, accounting for 15%; (3) subjects categorized as requiring guidance were unable to complete all early reading ability tests. in this class, there are 19 students categorized as requiring guidance, accounting for 73%. keywords: early reading, egra, qualitative descriptive