
Pengembangan Buku Cerita Berjenjang Level B3 Untuk Siswa Kelas III SDN 029 Juata Sesanip
Pengarang : Hanie Finda Aurylie
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Buku cerita berjenjang merupakan buku cerita yang disesuaikan dengan jenjang kemampuan membaca sehingga dapat meningkatkan minat membaca siswa. sdn 029 juata sesanip belum terdapat perjenjangan buku pada buku bacaan siswa kelas iii. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buku cerita berjenjang level b3 untuk siswa kelas iii sekaligus untuk mengetahui kelayakan dan ketertarikan siswa terhadap buku cerita. metode penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development). penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model addie yang memiliki lima tahapan pengembangan yang terdiri dari analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). penilaian kelayakan buku cerita berjenjang level b3 ini melalui proses validasi oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan ahli praktisi. hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 94% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 76% dengan kategori layak, ahli materi sebesar 94% dengan kategori sangat layak, dan ahli praktisi sebesar 98% dengan kategori sangat layak. validasi ahli media, bahasa, materi dan praktisi mendapatkan persentase rata-rata sebesar 90,5%. hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba terbatas sebesar 95% dan pada uji coba pemakaian sebesar 96,4%. berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba, buku cerita yang dikembangkan sangat layak dan membuat siswa sangat tertarik untuk membaca sehingga dapat digunakan sebagai bahan bacaan siswa kelas iii dengan jenjang pembaca level b3. kata kunci: penelitian dan pengembangan, buku cerita berjenjang, model addie, siswa kelas iii
Abstrak Indonesia
Leveled story books are story books which are adapted to the level of the students' reading skill so that it can increase students' interest in reading. sdn 029 juata sesanip did not yet have book levels for class iii student reading books. this research was aimed to produce level b3 storybook media for class iii students as well as to determine the suitability and interest of students in storybooks. this research method employed research and development. this research adopted the addie model development procedure which had five development stages consisting of analyze, design, develop, implement and evaluate. the assessment of the suitability of this b3 level storybook went through a validation process by media experts, linguists, material experts and practitioner experts. the validation results obtained from media experts were 94% in the very appropriate category, 76% for language experts in the appropriate category, 94% for material experts in the very appropriate category, and 98% for practitioner experts in the very appropriate category. validation by media, language, material and practitioner experts obtained an average percentage of 90.5%. the results of the student interest questionnaire in the limited trial were 95% and in the usage trial it was 96.4%. based on the results of expert validation and trials, the storybook developed was very feasible and made the students very interested in reading so that it can be used as reading material for class iii students with level b3 readers. keywords: research and development, leveled story book, addie model, class iii students