UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Metode Silaba Kelas II SDIT Al-Mustaqim Tarakan

Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Metode Silaba Kelas II SDIT Al-Mustaqim Tarakan

Pengarang : Mita Adhelia Nasution

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media membaca permulaan berupa media audio visual dengan metode silaba. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (r&d). model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan addie yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu, analysis, design, development, implementation dan evaluation. kriteria kelayakan ditinjau dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, serta keefektifan media ditinjau dari hasil penilaian membaca permulaan siswa. hasil validasi kelayakan yang diperoleh dari ahli media dengan persentase sebesar 88%, ahli materi 79%, dan ahli bahasa 82%. berdasarkan hasil tersebut media audio visual pembelajaran membaca permulaan dengan metode silaba termasuk kedalam kategori sangat layak. hasil keefektifan media yang ditinjau dari hasil tes membaca permulaan uji coba terbatas sebesar 100% untuk mengenal huruf dan membaca suku kata dengan kategori sangat efektif sedangkan untuk membaca kata dan kalimat sederhana sebesar 66% dengan kategori cukup efektif. sedangkan hasil tes membaca permulaan pada uji coba lapangan sebesar 100% untuk mengenal huruf dan membaca suku kata dengan kategori sangat efektif sedangkan untuk membaca kata dan kalimat sederhana sebesar 90% dengan kategori sangat efektif. berdasarkan hasil validasi kelayakan dan keefektifan media dapat disimpulkan bahwa media audio visual pembelajaran membaca permulaan dengan metode silaba sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran membaca permulaan kepada siswa terutama kelas ii dengan bimbingan guru ataupun mandiri. kata kunci: penelitian dan pengembangan, media audio visual, metode silaba

Abstrak Indonesia

The study aims to produce early reading in the form of audio-visual media using the silaba method. the study provided research and development (r&d), the addie development model comprises five stages; the addie development model consists of five stages; analysis, design, development, impelementation, and evalution. the eligibility criteria are validated by materials experts, media, and linguists, and the effectiveness of the media is validated by the results of the student’s initial reading assessments. the feasibility validation was obtained from media experts (88%), material experts (79%), and linguist (82%). based on these results, audio-visual media using th silaba method is considered highly feasible for early reading learning. the effectiveness of the media was demonstrated in a limited trial beginning the reading test, with 100% accuracy in recognizing letters and reading syllables, categorized as very effective. reading words and simple senteces had a 66% accuracy rate, categorized as fairly effective. the results of the beginning reading test on the field trial were 100% for recognizing letters and reading syllables with a very effective category, while for reading word and simple sentences it was 90% with a very effective category. the results of the beginning reading test on the field trial showed a 100% very effective category for recognizing letters and reading syllables, and a 90% very effective category for reading words and simple sentences. keywords: research and development, audio visual media, silaba method