
Analisis Penggunaan Media Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi Phet (Physics Education Technology) Pada Pembelajaran IPA SMP Negeri 4 Tanjung Palas Timur
Pengarang : Fauzi Rusyda
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Praktikum dalam pembelajaran ipa berperan penting untuk merekonstruksi pemahaman siswa dalam memahami konsep dan prinsip sains. namun ada sekolah yang belum memiliki alat dan bahan laboratorium yang memadai. oleh karena karena itu, guru memiliki cara alternatif dengan menggunakan media phet. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media laboratorium virtual berbasis simulasi phet (physics education technology) pada pembelajaran ipa smp negeri 4 tanjung palas timur dan menganalisis hasil belajar siswa kelas vii berdasarkan penggunaan media phet. metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas vii smp negeri 4 tanjung palas timur. data diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi hasil belajar. hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan penggunaan media laboratorium virtual berbasis simulasi phet yaitu adanya persepsi dan respon siswa yang baik dikarenakan media phet menjadikan proses pembelajaran menjadi aktif, media phet meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan keterampilan kerja siswa, mempermudah penyampaian materi, membantu memperoleh dan mengolah informasi, membantu mensimulasikan keadaan sesungguhnya, media phet mudah digunakan, membantu menghemat waktu, biaya, dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja, mengembangkan sikap ilmiah, menjadikan siswa termotivasi dalam belajar, dan media phet memberikan fasilitas penunjang belajar bagi siswa. meskipun demikian, media phet masih memiliki kekurangan, diantaranya membutuhkan koneksi jaringan yang bagus untuk mengakses simulasinya melalui website dan tampilan simulasi efek rumah kaca dan pemanasan global belum terbaharui sesuai dengan waktu yang ada sekarang. selain itu, adapun hasil belajar siswa berdasarkan penggunaan media phet terdapat peningkatan ketuntasan klasikal baik pada siswa kelas vii a maupun kelas vii b. kata kunci: laboratorium virtual, media phet, simulasi
Abstrak Indonesia
Practicum in science learning plays an important role in reconstructing the students' understanding in science concepts and principles. however, there are some schools that do not have adequate laboratory equipment and materials. therefore, teachers have an alternative way by using phet media. this study aimed to analyse the use of virtual laboratory media based on phet (physics education technology) simulation in science learning at smp negeri 4 tanjung palas timur and analyse the learning outcomes of class-vii students based on the use of phet media. the research method used qualitative with a descriptive approach. the research subjects were teachers and students of class-vii at smp negeri 4 tanjung palas timur. data was obtained based on interviews, observations and documentation of learning outcomes. the research results obtained were based on the use of virtual laboratory media based on phet simulations, whether there were good student perceptions and responses. it because phet media created the learning process become active, increased students' understanding, improved students' work skills, made it easier to deliver material, helped to obtain and process information, and simulated the real conditions. in addition, phet media was easy to use, helped save time, costs, and prevent work accidents, developed a scientific attitude, made students motivated in learning, and phet media provided learning support facilities for students. however, the phet media still had the weakness including requiring a good network connection to access the simulation via the website and the display of the greenhouse effect and global warming simulations had not been updated according to the current time. moreover, based on the use of phet media, the student learning outcomes showed an increase in classical completeness for both students of class vii-a and vii-b. keywords: virtual laboratory, phet media, simulation