
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Di Kelas IV SDN 030 Tarakan
Pengarang : Eka Putri Amanda
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas iv di sdn 030 tarakan dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar. jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang melakukan kesalahan lebih dari 4 indikator pada 8 indikator kesalahan menurut watson. hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki kesalahan yang sama yaitu pada indikator (1) data tidak tepat (inappropriate data), kurangnya pemahaman terhadap permasalahan pada soal khususnya pada materi bangun datar, (2) prosedur tidak tepat (inappropriate procedure), subjek tidak menggunakan konsep yang seharusnya digunakan dan (3) kesimpulan hilang (omitted conclusion), subjek tidak menuliskan kesimpulan pada akhir jawaban, meskipun subjek telah menemukan hasil akhir dari penyelesaian soal. adapun 2 indikator kesalahan yang tidak muncul sama sekali yaitu masalah hierarki keterampilan (hierarchy problem), hal ini terjadi karena tidak terjadi kekeliruan pada saat proses perhitungan dan kesalahan lainnya (above other) subjek yang diambil tidak ada yang melakukan kesalahan lainnya, karena peserta didik telah menjawab soal meskipun mengalami beberapa kesalahan. kata kunci: kesalahan, penyelesaian soal materi bangun datar, indikator watson
Abstrak Indonesia
This research aimed to analyze the types of errors made by fourth-grade students at sdn 030 tarakan in solving mathematical problems on two-dimensional figures. the type of research used was descriptive-qualitative. data collection techniques included tests and interviews. the research subjects consisted of 3 students who made more than 4 errors on 8 error indicators, according to watson. the results showed that the three subjects had the same error: (1) inappropriate data, lack of understanding of the problems in the questions, especially in the plane material; (2) inappropriate procedures, the subject does not use the concept that should be used, and (3) omitted conclusion, the subject did not write a conclusion at the end of the answer, even though the subject found the final result of solving the problem. two error indicators did not appear at all, such as the hierarchy problem. it happened because there were no errors during the calculation process or other errors. none of the subjects taken made any other mistakes, because the students answered the questions even though they made several mistakes. keywords: errors, solving flat material problems, watson indicator