
Deskripsi Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V-A SD Negeri 001 Selumit
Pengarang : Avika Nur Rahmi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Membaca pemahaman diartikan sebagai membaca dalam memahami isi bacaan yang mewakili dari ide, gagasan, pikiran dan pendapat. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman dengan 4 indikator oleh siswa kelas v-a sdn 001 selumit dalam menyelesaikan soal cerita. jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data berupa tes soal, wawancara, dan dokumentasi. subjek terdiri dari empat siswa yang dipilih secara acak berdasarkan 4 kriteria penilaian. hasil penelitian menunjukkan deskripsi dari kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v-a sdn 001 selumit pada indikator literal pada subjek s1, s2, dan s3 terbilang baik karena subjek menyelesaikan soal mengenai arti kata dan ide pokok dengan benar sedangkan subjek s4 belum bisa menyelesaikan soal dengan benar. kemampuan membaca pemahaman dengan indikator inferensial pada subjek s1 dan s2 terbilang cukup karena subjek menyelesaikan soal mengenai kesimpulan cerita dan menentukan sikap yang dapat memecah belah kerukunan dengan baik walaupun pada soal membuat kesimpulan jawaban yang diberikan subjek s2 masih kurang sesuai sedangkan subjek s3 dan s4 belum bisa menyelesaikan soal dengan benar. kemampuan membaca pemahaman evaluasi pada subjek s1 dan s2 terbilang cukup karena subjek menyelesaikan soal berpendapat mengenai pentingnya kerukunan dan alasan mengapa kita harus rukun walaupun kurang lengkap tetapi masih dianggab benar sedangkan subjek s3 dan s3 belum bisa menyelesaikan soal dengan benar. kemampuan membaca pemahaman dengan indikator apresiasi pada subjek s1, s2, dan s3 terbilang baik karena subjek menyelesaikan soal mengenai 3 sikap yang dapat dicontoh dari cerita dan 3 manfaat sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari walaupun terdapat jawaban yang kurang lengkap namun masih dapat dikatakan benar sedangkan subjek s4 belum bisa menyelesaikan soal dengan benar. kata kunci: kemampuan siswa, kemampuan membaca pemahaman
Abstrak Indonesia
Reading comprehension is defined as reading to understand the content of reading which represents ideas, concepts, thoughts and opinions. this research aimed to describe the reading comprehension ability in solving story problems with 4 indicators by class v-a students at sdn 001 selumit. the type of research used descriptive qualitative. data collection techniques include tests, interviews and documentation. the subjects consisted of four students selected randomly based on 4 assessment criteria. the results of the research showed that the description of reading comprehension ability of class v-a students at sdn 001 selumit on the literal indicator for subjects s1, s2 and s3 was good because the subjects solved questions regarding the meaning of words and main ideas correctly, while subject s4 cannot solve the questions correctly. the ability to read comprehension with inferential indicators in subjects s1 and s2 was considered sufficient because the subjects solve questions regarding story conclusions and determine attitudes that can divide harmony well even though on questions of making conclusions the answers given by subject s2 were not appropriate while subjects s3 and s4 cannot solve the problem correctly. the ability to read and understand evaluations in s1 and s2 subjects was considered sufficient because the subjects completing the questions have opinions about the importance of harmony and the reasons why we should get along, even though they are incomplete, they are still considered correct. then, the s3 and s3 subjects have not been able to solve the questions correctly. the ability to read comprehension with indicators of appreciation in subjects s1, s2, and s3 was indicated to be good because the subjects completed questions regarding 3 attitudes that can be imitated from the story and 3 benefits of tolerance in everyday life, even though there were incomplete answers, they can still be said to be correct, whereas subject s4 could not solve the questions correctly. keywords: student ability, reading comprehension ability