UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Guru IPA Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif Di SMP N 1 Malinau Kota

Analisis Kemampuan Guru IPA Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif Di SMP N 1 Malinau Kota

Pengarang : Litad Leviani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif bertujuan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, kondusif dan kreatif sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar peserta siswa.penelitian ini bertujuan untuk mengatahui kemampuan guru ipa dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di smp n 1 malinau kota. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskritif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ipa yang berjumlah 3 orang. adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 3 orang. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. kemampuan guru ipa dalam mengembangkan media pembelajaran diukur dengan pemberian angket sebanyak 15 soal pernyataan yang terdiri dari 3 aspek. data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik. berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan guru ipa dalam mengembangkan media pembelajaran termasuk kedalam kategori tinggi dengan persentase rata-rata 80%. kata kunci : analisis kemampuan guru, media pembelajaran, kreatif, inovatif

Abstrak Indonesia

The teacher's ability to develop creative and innovative learning media aims to ensure that the learning process can run smoothly, conductively, and creatively so that it can foster student enthusiasm for learning. this research aimed to determine the ability of science teachers to develop creative and innovative learning media at smp n 1 malinau kota. this research used descriptive quantitative methods. the population in this study were all science teachers, totaling 3 people. the sampling technique used was purposive sampling with a sample size of 3 people. the instruments used are questionnaires and documentation. the ability of science teachers to develop learning media was measured by administering a questionnaire with 15 statement questions consisting of 3 aspects. the collected data was analyzed using statistical tests. the results of the analysis show that the ability of science teachers to develop learning media was in the high category with an average percentage of 80%. keywords: teacher ability analysis, learning media, creative, innovative