UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Sesuai Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Sesuai Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Aan Aisyiyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi melalui pembelajaran berdiferensiasi sesuai gaya belajar siswa. gaya belajar siswa memiliki tiga unsur, yaitu auditorial, visual dan kinestetik. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (ptk) yang dibagi menjadi dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. setiap siklus memiliki empat tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. penelitian dilakukan pada siswa kelas vii.b smp muhammadiyah 2 tarakan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 18 orang. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa tes tulis dan metode penelitian kualitatif menggunakan lembar pengamatan. hasil penelitian aspek kognitif pada siklus i dengan presentase ketuntasan sebesar 50%, mengalami peningkatan pada siklus ii dengan presentase ketuntasan sebesar 88,89%. berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi sesuai gaya belajar siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas vii.b smp muhammadiyah 2 tarakan. hal ini karena hasil penelitian aspek kognitif telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, teks deskripsi, keterampilan menulis.

Abstrak Indonesia

This study aims to improve the skill of writing description text through differentiated learning based on students' learning styles. students' learning styles have three elements: auditorial, visual and kinesthetic. this study was classroom action research (car), which is divided into two cycles; each cycle was conducted in two meetings. each cycle had four stages: planning, implementation, observation and reflection. the research was conducted for class vii.b smp muhammadiyah 2 tarakan with 18 students. this research data used quantitative data in the form of written tests and qualitative research methods using observation sheets. the study showed that the cognitive aspect in cycle i was 50%, and in cycle ii was 88.89%. the implementation of differentiated learning based on students' learning styles can improve the student's writing skills on descriptive texts. it indicated from the number of students who reached the minimum score (kkm) as much as 75% keywords: differentiated learning, learning styles, description text, writing skills.