UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelaksanaan Layanan Home Visit Di SMP Negeri 3 Tarakan

Pelaksanaan Layanan Home Visit Di SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Wilvridus Alvrianus Riaraja

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan home visit di smpn 3 tarakan. home visit merupakan kunjungan rumah orang tua siswa untuk mendeteksi kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan anak atau individu yang menjadi tanggung jawab konselor dalam pelayanan lonseling. dengan tujuan guru bimbingan dan konseling melaksanakan home visur adalah untuk membangun hubungan baik dengan orang tua atau wali, untuk melengkapi dan klarifikasi data tentang peserta didik, dan untuk mengkonsultasikan serta membangun kolaborasi untuk pemecahan masalah peserta didik. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif informan dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu informan utama terdiri dan 1 guru bimbingan dan konseling. sedangkan informan biasa terdin 1 orang wah kelas tekmk pengumpulan adalah wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktif fenomologis terkait peranan konselor dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa berikut langkah-langkah analisis data, yaitu reduksi data, display data verifikusi. berdasarkan hasil penelitian tentang pelaksanaan layanan kome viui di smp negeri 3 tarakan, maka dapat disimpulkan habwa pelaksanaannya melalui beberapa proses, yaitu: 1) perencanaan, proses perencanaan home vist dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, yaitu penetapan kasus, koordinasi, komunikasi, pengumpulan data dan informasi siswa, serta menyiapkan adamınistrasi, 2) pelaksanaan, proses pelaksanaan home visat dilakukan dengan persetujuan pihak-pihak yang terkait, selain itu melaksanakan pertemuan dan wawancara kepada orang tua siswa, 3) evaluasi, proses evaluası dilakukan dengan pengecekan keakuratan data dan keterangan selama pelaksanaan home visar, 4) analisis hasil evaluasi, proses analisis hasil evaluasi dilakukan dengan pengecekan efektivitas penggunaan hasil kunjungan rumah yang nantinya digunakan untuk memecahkan masalah siswa, 5) tindak lanjut, proses tindak lanjut dilakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk melanjutkan tahapan (home visu) penangan kasus siswa, 6) laporan, proses penyusunan laporan dan melaksanakan pendokumentasian. kata kunci: layanan, home visit

Abstrak Indonesia

This research aimed to determine the implementation of home visits at smpn 3 tarakan. a home visit is a visit to a student's parent's house to detect family conditions in relation to child or individual problems that are the responsibility of the counselor in counseling services. the guidance and counseling teachers carrying out home visits was to build good relationships with parents or guardians, to complete and clarify data about students, and to consult and build collaboration to solve student problems. this research used qualitative research with a descriptive approach. the informants in this research consisted of two, the main informant consisting of 1 guidance and counseling teacher. meanwhile, the usual informant consisted of 1 homeroom teacher. the collection techniques were interviews and documentation, while the data analysis technique used was a qualitative descriptive technique using an interactive phenomenological model related to the role of counselors in increasing student learning independence. the steps for data analysis were data reduction, data display, and verification. the results concluded that implementation goes through several processes, 1) planning. the home visit planning process was carried out through several activities, like case determination, coordination, communication, collecting student data and information, and preparing administration, 2) implementation, the process of implementing home visits was carried out with the approval of the parties concerned, in addition to holding meetings and interviews with students' parents, 3) evaluation; the evaluation process was carried out by checking the accuracy of data and information during the home visit, 4) analysis of evaluation results, the process of analyzing evaluation results was carried out by checking the effectiveness of the use of home visit results which will later be used to solve student problems, 5) follow up, the follow-up process carried out certain considerations to continue the stages (home visit) of handling student cases, 6) report, the process of preparing reports and carrying out documentation. keywords: service, home visit