
Deskripsi Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Di Kelas IIIA SDN 024 Tarakan
Pengarang : Aliv Febriana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitain ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nasionalisme di kelas iiia sdn 024 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di sdn 024 tarakan pada tahun ajaran 2022/2023. terdapat tiga fokus dalam penelitian ini adalah rela berkorban, cinta tanah air, dan sikap persatuan dan kesatuan. subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas iiia. analisis data model miles dan huberman terdiri dari tiga tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi nilai nasionalisme dalam pembelajaran telah dilaksanakan di kelas iiia sdn 024 tarakan yang meliputi: a) dalam nilai rela berkorban, guru mengajarkan kepada peserta didik agar saling membantu ketika ada teman yang kesusahan. b) dalam nilai cinta tanah, dimana guru dan peserta didik telah menggunakan bahasa indonesia dengan baik. c) dalam nilai persatuan dan kesatuan, peserta didik menunjukkan kekompakan saat mengerjakan tugas kelompok bersama peserta didik lainnya dan saling toleransi dengan bermain tanpa memandang suku, ras, dan agama. saran dalam penelitian ini adalah bagi guru agar lebih bersemangat dalam meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai nasionalisme di antara peserta didik selama proses belajar-mengajar di sekolah. hal ini dapat dilakukan dengan memberikan edukasi yang mendalam tentang nilai-nilai nasionalisme dan memberikan contoh konkret yang mengilustrasikan pentingnya rela berkorban, cinta tanah air, sikap persatuan dan kesatuan. kata kunci: deskripsi, nasionalisme, pembelajaran
Abstrak Indonesia
This study aims to describe the value of nationalism in class illa sdn 024 tarakan. the type of research used is qualitative descriptive. this study had three variables: willingness to sacrifice, love for the country, and attitudes of unity and integrity. the subjects of the study were teachers and students of class il. data analysis using the miles and huberman model consists of three stages, namely i) data reduction, 2) presentation of data, and 3) conclusion drawing and verification. the study showed that the value of nationalism in leaming had been implemented in class ia sdn 024 tarakan, which includes: a) in the value of selfsacrifice, the teacher teaches students to help each other when friends are in trouble. b) in the value of love for the land, where teachers and students have used indonesian well. c) in the value of unity and integrity, students show cohesiveness when doing group work with other students and mutual tolerance by playing regardless of ethnicity, race, and religion. based on the result, this study recommended that teachers be more enthusiastic in increasing awareness of nationalism values among students during the teaching-learning process at school. this can be done by providing in-depth education about the values of nationalism and providing concrete examples that illustrate the importance of self-sacrifice, love for the country, and unity. keywords: value of nationalism, leaming