
Penerapan Konseling Kelompok Terhadap Prokrastinasi Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Nunukan
Pengarang : Eka
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok terhadap prokrastinasi peserta didik kelas xii sma negeri 1 nunukan. prokrastinasi merupakan kecenderungan perilaku seseorang dalam menunda-nunda mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang sedang dihadapi, yang pada akhirnya tidak dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan maksimal atau bahkan gagal menyelesaikannya. ciri-ciri seorang pelaku prokrastinasi, antara lain: prokrastinator lebih suka untuk menunda pekerjaan atau tugas-tugasnya, berpendapat lebih baik mengerjakan nanti dari pada sekarang dan menunda pekerjaan adalah bukan suatu masalah, terus mengulang perilaku prokrastinasi, pelaku prokrastinasi akan kesulitan dalam mengambil keputusan, dan konseling kelompok merupakan sistem pendukung yang sangat baik yang membantu mengembangkan keterampilan pribadi, mencegah dan menyelesaikan konflik interpersonal atau menyelesaikan masalah. penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest-postest design, dengan populasi sebanyak 277 peserta didik dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 6 peserta didik. teknik analisis data dari hasil uji hipotesis paired sample t test yang diperoleh ha diterima dan h0 ditolak dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,001< 0,05 dan nilai t hitung 6.460 > 2.228. sehingga ada pengaruh konseling kelompok terhadap prokrastinasi peserta didik kelas xii sma negeri 1 nunukan. kata kunci: prokrastinasi, konseling kelompok
Abstrak Indonesia
This research investigated the effect of the application of group counseling on the procrastination of class xii students of sma negeri i nunukan. procrastination is a person's behavioral tendency to postpone doing or completing the task at hand, which in the end the task cannot be completed on time and optimally or even fail to complete it. common traits of procrastinators include a preference for delaying tasks, belief in future action over immediate completion, and repetitive procrastination patterns, which can hinder decision-making. group counseling serves as an excellent support system in fostering personal skills development, preventing and resolving interpersonal conflicts, and addressing procrastination tendencies. employing a quantitative approach with an experimental research method of a one-group pretest-posttest design, the research sampled 6 out of 277 students using a purposive sampling technique. the analysis which was conducted using a paired sample t-test, revealed the acceptance of the alternative hypothesis (ha) and rejection of the null hypothesis (ho), demonstrating a significant reduction in procrastination (p 0.001 < 0.05), supported by a calculated t-value of 6.460 > 2.228. thus, the findings affirmed that there was an effect of group counseling in reducing procrastination among class xii students at sma negeri 1 nunukan. keywords: procrastination, group counseling