
Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Materi Wujud Benda Pada Siswa Kelas III SDN 030 Tarakan
Pengarang : Hasmidah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Permasalahan yang ditemukan di sdn 030 tarakan yaitu proses pembelajaran dikelas terlihat pembelajaran lebih bepusat kepada guru pada saat penyampaian materi, sedangkan masi banyak siswa kurang aktif, merasa bosan, kurang fokus dan lambat dalam memahami materi karena guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran hal inilah yang melatar belakangi dikembangkannya media pembelajaran big book. tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media big book materi wujud benda. adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu research and development. model dan pengembangan ini mengadopsi teori addie. adapun langka-langka pengembangan media pembelajaran big book yang telah dilaksanakan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. untuk mengetahui kelayakan media dilakukan uji validasi oleh para ahli. adapun hasil uji validasi media menunjukan bahwa big book materi wujud benda memproleh skor 45 dari skor maksimal 50% dengan persentase sebesar 90% (sangat layak), sedangkan uji validasi materi memperoleh skor 40 dari skor maksimal 50% dengan persentase 80% (layak), dan uji validasi bahasa memperoleh skor 40 dari skor maksimal 50% dengan persentase 80% (layak). dengan hasil tersebut telah memenuhi syarat dan layak untk digunakan. adapun hasil dari angket respon siswa terhadap media big book materi wujud benda pada saat uji coba terbatas dengan jumlah 5 orang siswa memperoleh skor 250 dengan persentase 100% (sangat tertarik). dan hasil uji coba lapangan dengan jumlah 20 orang siswa memperoleh skor 932 dengan persentase 93,2% (sangat tertarik). berdasarkan hasil validasi ahli media, materi, bahasa dan respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran big book materi wujud benda layak dan sangat menarik digunakan dalam pembelajaran. dengan adanya media big book materi wujud benda ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi wujud benda. kata kunci: pengembangan, media big book, materi wujud benda, kelas iii
Abstrak Indonesia
The learning problems at sdn 030 tarakan were that the learning process in the classroom looked more teacher-cantered, and there were some inactive students who felt bored, less focused, and needed to be faster to understand the material because teachers rarely used learning media. this study aimed to determine the feasibility of the media and the student's response to the big book material. the development model used adopts the addie theory. the steps of developing big book learning media are analysis, design, development, implementation, and evaluation. experts conducted a validation test to determine the feasibility of the media. the results of the media validation test showed that the big book of object forms material scored 45 out of a maximum score of 50% with a percentage of 90% (very feasible). in comparison, the material validation test scored 40 out of a maximum score of 50% with a percentage of 80% (feasible). the language validation test scored 40 out of a maximum score of 50% with a percentage of 80% (feasible). with these results, it has met the requirements and is suitable for use the results of the students' responses to the big book media during the limited trial with a total of 5 students obtained a score of 250 with a percentage of 100% (very interested). the results of the field trial with a total of 20 students scored 932 with a percentage of 93.2% (very interested). based on the results of the validation of media experts, materials, language and student responses. the big book learning media on the material form of objects is feasible and very interesting in learning with the media, big book material forms of objects was expected to improve students' understanding of learning material keywords: development, big book media, material form of objects. third grade