
Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Ruas Jalan Liang Bunyu, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan)
Pengarang : Armansyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kondisi perkerasan jalan guna mengetahui jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi pada ruas jalan, mencari dan menentukan penanganan atau pemeliharaan berdasarkan kerusakan yang terjadi. menghitung nilai kerusakan jalan, salah satu cara untuk mengetahui kondisi kerusakan jalan adalah dengan menggunakan metode pavement condition index (pci) dan dengan cara melakukan pememliharaan menggunakan metode bina marga, sangat penting diterapkan dalam bagian pembangunan infrastruktur jalan sebagai acuan prioritas kegiatan pembangunan jalan. setelah melalui beberapa tahap pengumpulan data dan analisa data menggunakan metode pci dan metode bina marga, dapat disimpulkan bahwa kondisi ruas jalan liang bunyu dengan panjang ruas 65 km atau 6.500 m terdapat 7 jenis kerusakan yang terjadi. hasil yang didapat dari analisis data pada kerusakan ruas jalan liang bunyu, mempunyai nilai pci yaitu 62.00 dengan kondisi baik (good) berdasarkan ratting kondisi perkerasan pavement condition index (pci). perkerasan jalan di ruas jalan liang bunyu dalam kondisi baik. nilai prioritas penanganan jalan dari data yang diperoleh pada ruas jalan liang bunyu berada pada interval 12 sehingga menghasilkan nilai urutan prioritas pememliharaan jalan berada atau lebih besar dari angka 7 dimana, dari nilai tersebut dimasukan pada jenis program pemeliharaan rutin dan nilai kelas jalan untuk ruas jalan ini adalah 2.
Abstrak Indonesia
This study aims to assess the condition of the pavement to determine the type and level of damage caused to roads, finding and determinng the handling of maintenance by the damage. calculating the value of damage to the road, one way to determine the condition of the road damage is using the pavement condition index (pci) and by way of highways, applied in a very importans part of road infrastructure development as a reference priority road construction activity. after going through several strages of data collection and analysis using the pci method and the method of highway, it can be concluded that the conditions liang bunyu road segment with segment lenght 65 km or 6,500 m there are seven types of damage that occurred. the results obtained frome the analysis of data on damage liang bunyu road, has a value of pci , namely 62.00 with good conditions (good) by ratting pavement conditon index (pci). pavement on liang bunyu road in good condition. value priority road handling of the data obtained on liang bunyu raod are at intervals of 12 to product value order of priority road maintenance were to orgreater than the number 7 which, from the value enteredon the program type of routine maintenance and value class road to road thisis 2.