
Analisis Kinerja Ruas Jalan Arteri Terhadap Pengaruh Hambatan Samping Di Kota Tarakan (Studi Kasus Jalan Mulawarman)
Pengarang : Ariani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Hambatan samping adalah dampak terhadap kinerja lalu lintas dari aktifitas samping segmen jalan. banyaknya aktifitas samping jalan sering menimbulkan berbagai konflik yang sangat besar pengaruhnya terhadap kelancaran lalu lintas. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan mulawarman serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ruas jalan mulawarman. penelitian ini menggunakan metode mkji 1997 dan program spss versi 16. dari hasil perhitungan analisis regresi tentang hubungan hambatan antara kinerja jalan dengan hambatan samping di dapat satu model persamaan yang baik yaitu model linier pangkat, untuk hubungan kecepatan dengan hambatan samping, dan nilai r2 sebesar 0.659, untuk hubungan volume dengan hambatan samping. faktor dominan dari hubungan kecepatan dengan hambatan samping dari yang pengaruhnya tinggi sampai pengaruhnya terendah adalah pejalan kaki, kendaraan lambat, kendaraan berhenti lalu kendaraan keluar masuk. sedangkan faktor dominan dari hubungan volume lalu lintas dengan hambatan samping dari yang pengaruhnya tinggi sampai pengaruhnya terendah adalah pejalan kaki, kendaraan lambat, kendaraan berhenti, kendaraan keluar masuk.
Abstrak Indonesia
Side friction is an effect of roadway side activities in road segment. the activities of road side always caused many conflicts which has big impact toward the activities in roadway. the purpose of this research was to find out the effect of side friction toward the road activities at mulawarman street and also to find out the factors which gave significant effect to the road activities at mulawarman street. this research was using mkji 1997 method and spss for windows version 16. the calculation result from regression analysis about the relation between road activities and side friction was found that there was a same model namely linier quadrate model, for the rapidity relation with the side friction. the result of r2 was 0.659, for the volume relation with the side friction. the domain factor of the rapidity relation and side friction from the high to low effect were the pedestrians, slow transportations, transportations which stopped and went in and out. meanwhile, the domain factor of volume relation and side friction from the high to low effect were pedestrians, slow transportations, transportations which stopped, transportations which were went in and out.