
Analisis Karakteristik Parkir Kendaraan Pada Area Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tarakan
Pengarang : Aflina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Kalimantan utara adalah sebuah provinsi di indonesia yang terletak di bagian utara pulau kalimantan. provinsi kalimantan utara ini memiliki lima kabupaten kota yaitu bulungan, tana tidung, malinau, nunukan dan tarakan. kota tarakan merupakan kota yang penduduknya terbanyak dibandingkan dengan kabupaten sekitarnya. selain itu, kota ini merupakan pintu gerbang wilayah utara kalimantan serta memiliki pembangunan sarana dan prasarana kesehatan yang cukup baik. salah satu keunggulan yang dimiliki kota tarakan yaitu pelayanan kesehatan yang baik. rumah sakit umum daerah (rsud) kota tarakan ini merupakan pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat kota dan sekitarnya. rumah sakit umum daerah (rsud) kota tarakan yang berstatus tipe b dan untuk mendukung hal ini perlu adanya lahan parkir kendaraan. areal parkir sebagai prasarana dalam sistem transportasi harus dapat menunjang aktivitas – aktivitas yang terjadi karena masalah parkir sangat erat kaitannya dengan peraturan lalu lintas. oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik parkir kendaraan, khususnya parkir pada rumah sakit umum daerah (rsud) kota tarakan. metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survey langsung dilapangan dengan mencatat keluar – masuk untuk mendapatkan data kendaraan. dari data kendaraan dilakukan analisis untuk mendapatkan akumulasi, durasi, volume parkir, tingkat pergantian parkir, indeks parkir serta memproyeksi dengan metode geometrik. hasil analisis yang diperoleh karakteristik parkir untuk kondisi saat ini kendaraan roda empat dan roda dua memiliki akumulasi parkir tertinggi berturut – turut sebesar 124 kendaraan dan 446 kendaraan, volume parkir tertinggi sebesar 23 kendaraan dan 122 kendaraan, tingkat pergantian parkir rata – rata sebesar 0.068 mobil/petak parkir dan 0.230 motor/petak parkir, indeks parkir sebesar 27.3 % dan 82.4 % serta durasi kendaraan parkir berkisar antara waktu 121 – 180 menit dan 181 – 240 menit. berdasarkan layout kapasitas ruang parkir untuk 10 tahun kedepan (2018 sampai dengan 2027) untuk kendaraan roda empat 163 kendaraan dengan indeks parkir 48.3 %, menunjukkan ruang parkir untuk kendaraan roda empat masih mampu menampung volume parkir yang akan terjadi. sedangkan untuk indeks parkir kendaraan roda dua telah menunjukkan angka diatas 100 % (102.4%) pada tahun 2024 , ini berarti lahan parkir kendaraan roda dua memerlukan perluasan lahan atau pembatasan volume parkir kendaraan roda dua.
Abstrak Indonesia
North borneo is a province in indonesia which is located in the northern part of the island of borneo. north borneo province have five districts of the city named bulungan, tana tidung, malinau, nunukan and tarakan. tarakan city is populated most compared with surrounding districts. beside that this city is the north gate of borneo has a good enough facility development and education and health infrastructure. one advantage in tarakan city has good health services. regional general hospital (hospital) tarakan city is the center for public health services. regional general hospital (hospital) tarakan city have a status type b and need parking area support. parking area as the heart of infrastructure transportation systems must support activities for parking are closely linked to the traffic regulations problem. therefore, this research purpose is to learn the characteristics of vehicle parking, especially parking on regional general hospital (hospital) tarakan city. the applied method in this research is to conduct surveys directly in the field to record the exit - entered to get the vehicle data. analysis of vehicle data to get accumulated, duration, volume parking, parking turnover rate, index of parking as well as projecting the geometric method. results of the analysis characteristics of parking for current state of four-wheeled vehicles and twowheeler has accumulated parking highs respectively by 124 vehicles and 446 vehicles, the volume of parking highs of 23 vehicles and 122 vehicles, turnover rate parking average of 0.068 cars/plot parking and 0.230 motorcycle/plot parking, parking index amounted to 27.3% and 82.4%, and the duration of parking vehicles range between 121-180 minutes and 181-240 minutes. based on the layout of capacity parking spaces for next 10 years (2018 through 2027) for four-wheeled vehicles 163 vehicles with an index of parking 48.3%, show parking space for four-wheeled vehicles are still able to accommodate the volume of parking that would happen. as for the two-wheeler parking index showed values above 100% (102.4%) in 2024, this means a two-wheeler parking require lots volume expansion or restriction of a two-wheeler parking.