
Identifikasi Literasi Lingkungan (Environmental Literacy) Pada Mahasiswa Angkatan 2021 Dan 2022 Pendidikan Biologi
Pengarang : Anisa Listiyani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi lingkungan pada mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2021 dan 2022. penelitian dilakukan di universitas borneo tarakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena penelitian ini dilakukan pada tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan). pengumpulan data melalui tes pilihan ganda, angket dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan ganda dan angket. objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2021 dan 2022 sebanyak 125 orang. hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pengetahuan ekologi dan keterampilan kognitif pada mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2021 dan 2022 aspek pengetahuan dan keterampilan kognitif memiliki rata-rata 87, memiliki pengetahuan ekologi dan keterampilan kognitif dengan rata-rata sebesar 70 kategori sangat tinggi sedangkan kategori sangat kurang dengan nilai 24 untuk angkatan 2021 sedangkan pada angkatan 2022 memiliki rata-rata 26. kata kunci : literasi lingkungan, mahasiswa biologi, kognitif, ekologi, keterampilan kognitif
Abstrak Indonesia
This research aimed to analyze environmental literacy in biology education students class of 2021 and 2022. the research was conducted at universitas borneo tarakan using a descriptive quantitative approach applied in certain natural (not artificial) places. data collection was employed through multiple-choice tests, questionnaires, and documentation. data analysis was carried out using multiple- choice tests and questionnaires. the objects of this research were 125 biology education students from the 2021 and 2022 classes. the results of the research demonstrated that the aspects of ecological knowledge and cognitive skills in biology education students class of 2021 and 2022 had an average of 87 aspects of knowledge and cognitive skills, with ecological knowledge and cognitive skills with an average of 70 in the very high category while the value in the very low category was 24 for the class of 2021 while the class of 2022 had an average of 26. keywords: environmental literacy, biology students, cognitive, ecology, cognitive skills