UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Media Pembelajaran Congklak Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Aditif & Adiktif Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Pengaruh Media Pembelajaran Congklak Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Aditif & Adiktif Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Pengarang : Lili Andriyani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Congklak merupakan permainan tradisional yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran congklak terhadap minat belajar siswa terhadap materi zat aditif & zat adiktif, (2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran congklak terhadap hasil belajar siswa terhadap materi zat aditif & zat adiktif. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif, populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas viii smp negeri 1 sebatik utara yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah total 63 siswa dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. adapun instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengukur minat belajar siswa, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen pendukung dalam penelitian. analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. hasil menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran congklak terhadap minat belajar siswa terhadap materi zat aditif & zat adiktif dan terdapat pengaruh media pembelajaran congklak terhadap hasil belajar siswa terhadap materi zat aditif & zat adiktif di sekolah smp negeri 1 sebatik utara. kata kunci : hasil belajar siswa, media pembelajaran congklak, minat belajar siswa.

Abstrak Indonesia

This study aims to (1) determine the effect of congklak learning media on student learning interest and (2) determine the outcomes regarding additives and addictive substances. this research employs a quantitative descriptive method. the population and sample consist of all students in two classes, totaling 63, from class viii smp negeri 1 sebatik utara. the sampling technique used is purposive sampling. questionnaires were used to measure student interest in learning, while tests were used to measure student learning outcomes. observation and documentation were used as supporting instruments in the study. the data was analyzed using normality and homogeneity tests and hypothesis testing. the results indicate that the congklak learning media affects student interest in additives and addictive substances and their learning outcomes at smp negeri 1 sebatik utara school. keywords: learning media, congklak learning media, student learning interest, student learning outcomes.