UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Permainan Simulasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Etos Kerja Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Teknik Permainan Simulasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Etos Kerja Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Natasya Nur Rahmadania

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Etos kerja merupakan nilai-nilai yang dipegang seseorang dengan menunjukkan sikap yang diambil dan dipercayai ketika melaksanakan pekerjaannya. etos kerja siswa smk negeri 2 tarakan masih rendah, perilaku yang ditunjukkan siswa yaitu sering menunda mengerjakan tugas, tidak percaya diri dengan kemampuannya, lebih mempercayai temannya dalam mengerjakan atau menjawab sesuatu, sering menyalin/menyontek tugas milik teman, sering terlambat dalam melakukan tanggung jawabnya, dan beberapa hal lainnya. upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan etos kerja siswa yang rendah ini adalah menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi. jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan preexperiment dan desain one group pretest-posttest design. jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan populasi sebanyak 508 siswa dan sampel berjumlah 8 orang siswa kelas x. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala likert tentang etos kerja. analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired samples t-test. berdasarkan hasil penelitian ini perhitungan uji paired samples t-test nilai sig (2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 0.000 < 0.05, maka ho ditolak dan ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penerapan teknik permainan simulasi dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan etos kerja siswa kelas x smk negeri 2 tarakan. kata kunci: etos kerja, permainan simulasi, bimbingan kelompok

Abstrak Indonesia

Work ethic is the values held by a person by showing the attitude they take and believe in when carrying out their work. the work ethic of students at smk negeri 2 tarakan is still low with the behavior shown by students, namely often delaying doing assignments, not being confident in their abilities, trusting their friends more in doing or answering something, often copying cheating on friends' assignments, often being late in carrying out their responsibilities, and several other things. efforts that can be made to improve students' low work ethic are implementing group guidance services using simulation game techniques. this type of research was quantitative with a pre-experimental approach and a one- group pre-test-post-test design. the sampling technique in this research used a purposive sampling technique, with a population of 508 students and a sample of 8 class x students. the data collection technique in this research used an instrument in the form of a likert scale regarding work ethic. data analysis uses descriptive and inferential statistics using the paired samples t-test. based on the results of this research, the calculation of the paired samples t-test obtained a sig (2-tailed) value for the two-way test of 0.000 < 0.05, then ho was rejected and ha was accepted, which means that there is an influence of the application of simulation game techniques in group guidance services to improve ethos work of class x students at smk negeri 2 tarakan. keywords: work ethic, simulation games, group guidance