
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Siptiani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas viii di smp negeri 3 tarakan. penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di smp negeri 3 tarakan. jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas viii di smp negeri 3 tarakan. instrumen penelitian ini adalah berupa soal tes uraian berjumlah sepuluh soal berpikir reflektif terkait materi zat aditif dan adiktif. sampel penelitian yaitu peserta didik kelas viii-1 sebanyak 31 orang dan viii-2 sebanyak 32 orang dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. data dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh hasil dengan nilai signifikan 0.03, yang artinya nilai sig ≤ 0,05 maka ha diterima dan h0 ditolak. berdasarkan hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif peserta didik di smp negeri 3 tarakan. kata kunci : model pembelajaran kontekstual, kemampuan berpikir reflektif
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect of the contextual learning model on the reflective thinking ability of class viii students at smp negeri 3 tarakan. this research was conducted in the odd semester of the 2022/2023 school year at smp negeri 3 tarakan. the type of research was quasi-experiment, with the research design using pretest-posttest nonequivalent control group design. the population was all grade viii students at smp negeri 3 tarakan. the instrument of this research was a description test question totaling ten reflective thinking questions related to additive and addictive substance material. the research sample was viii1 class students, as many as 31 people, and viii-2, as many as 32 people, with sample determination using the purposive sampling technique. the data were analyzed using the independent sample t-test, and the results were obtained with a significant value of 0.03, which means that the sig value s 0.05, ha was accepted, and ho was rejected. based on the hypothesis, it showed a significant influence of the use of contextual learning models in improving students' reflective thinking skills at smp negeri 3 tarakan. keywords: contextual learning model, reflective thinking ability