UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Konten Isu Sosiosaintifik Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Di SMP Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Konten Isu Sosiosaintifik Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Di SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Reza Marsela Novita Tandi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Model pembelajaran treffinger adalah model yang dapat didukung dengan konten isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibutuhkan oleh siswa pada abad ke 21 saat ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger dengan konten isu sosiosaintifik terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa di smp negeri 3 tarakan. metode penelitian dengan metode eksperimmen dengan bentuk eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan desain nonequivalent control group. subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas viii 8 dan kelas viii 9 yang berjumlah 64 orang di smp negeri 3 tarakan dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. data diambil berdasarkan hasil tes keterampilan pemecahan masalah siswa dalam bentuk soal uraian. hasil penelitian dari signifikansi uji anacova yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 dimana dari kedua kelas tersebut dilakukan perlakuan yang berbeda maka h0 diterima. maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran treffinger dengan konten isu sosiosaintifik berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. dikarenakan model treffinger memberikan pembelajaran yang kreatif pada pengembangan aktivitas dan pengembangan keterampilan pemecahan masalah siswa. kata kunci : model pembelajaran treffinger, keterampilan pemecahan masalah.

Abstrak Indonesia

Treffinger learning model is a model that can be supported by socioscientific issue content to improve student higher-order thingking skills in the century today. this study aimed to determine whether was an influence of the treffinger learning model with socioscientific issue content on the problem-solving skills of students at smp negeri 3 tarakan. the research method used experiment method with quasy experimental with nonequivalent control group design. the subjects in this research were 64 students of grade viii-8 and viii-9 at smp negeri 3 tarakan by determining samples using purposive sampling techniques. data was obtained based on the results of studens problem-solving skills tests in the significance of anacova test were 0.000 smaller than 0.05 where from the two classes different treatments were carried out, which means that h0 was accepted. therefore, it can be concluded that the treffinger learning model with socioscientific issue content affective the student problem-solving skills because the treffinger model provided creative learning on the development of activities and student problem-solving skills. keywords: : treffinger learning model, problem solving skills.