UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Karakter Percaya Diri Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 1 Nunukan

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Karakter Percaya Diri Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 1 Nunukan

Pengarang : Merlin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Percaya diri dapat diartikan sebagai sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap tercapainya setiap keinginan dan harapan yang diinginkan. berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sma negeri 1 nunukan adalah masih banyak siswa yang kurang percaya diri seperti malu, takut salah, dan tidak berani berpendapat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan karakter percaya diri siswa di kelas xi sma negeri 1 nunukan. dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian terdiri dari dua guru bimbingan dan konseling yang ada di sma negeri 1 nunukan, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. dari hasil penelitian mengungkap bahwa percaya diri siswa di sma negeri 1 nunukan masih kurang atau minim, dalam hal ini peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan percaya diri siswa dengan cara memberikan layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individual. layanan yang paling sering digunakan guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan adalah layanan bimbingan klasikal. dengan layanan ini guru bimbingan dan konseling akan melakukan pembiasaan kepada peserta didik yaitu dengan cara meminta setiap peserta didik untuk maju ke depan untuk memberikan pendapat dari hasil pembelajaran yang telah diberikan oleh guru bimbingan dan konseling. kata kunci: peran guru bimbingan dan konseling, percaya diri

Abstrak Indonesia

Self-confidence is one’s ability to achieve every desired wish and hope. based on the problems found at sma negeri 1 nunukan, many students are still insecure, such as being shy, afraid of being wrong, and not daring to have an opinion. this research aims to determine the role of guidance and counseling teachers in improving the self-confident character of students in class xi sma negeri 1 nunukan. using descriptive qualitative research methods, the research subjects comprise two guidance and counseling teachers at sma negeri 1 nunukan. data collection techniques used interviews, observation and dokumentation, as well as checking the validity of the data using source triangulation. the research results reveal that student self-confidence at sma negeri 1 nunukan still needs to be improved. in this case, the role of guidance and counseling teachers is to increase student self-confidence by providing classical guidance services, group guidance, group counseling and individual counseling. the service most often used by guidance and counseling teachers in providing services is classical guidance services. with this services, the teachers will familiarize students by asking each student to come forward to give an opinion on the learning results provided by the guidance and counseling teacher. keywords: role of guidance and counseling teachers, self-confidence