
Deskripsi Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Pada Projek Pembuatan Batik Ecoprint Di Kelas IV-B SDN 032 Tarakan
Pengarang : Sepriani Uban
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini berfokus pada penerapan profil pelajar pancasila tema kewirausahaan pada projek pembuatan batik ecoprint dan kendala dalam penerapan profil pelajar pancasila tema kewirausahaan pada projek pembuatan batik ecoprint. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di sdn 032 tarakan. sumber data utama guru kelas iv-b dan kepala sekolah sdn 032 tarakan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan profil pelajar pancasila pada projek pembuatan batik ecoprint di kelas iv-b yaitu, (1) beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia dilakukan dengan cara memberikan penjelasan pemanfaatan sumber daya alam untuk kebutuhan hidup, (2) berkebhinekaan global dilakukan dengan cara memperkenalkan batik dan jenis-jenis batik serta motifnya, (3) gotong royong, dilakukan dengan cara membentuk kelompok percobaan pembuatan batik ecoprint dan melakukan tanya jawab dengan pertanyaan pemantik tentang batik, (4) mandiri, dilakukan dengan cara membuat batik ecoprint pada tote bag secara mandiri, (5) bernalar kritis, dilakukan dengan cara menentukan jenis tumbuhan sesuai dengan motif batik yang ingin dihasilkan, dan (6) kreatif, dilakukan dengan cara melakukan percobaan membuat batik ecoprint untuk menumbuhkan ide kreatif. adapun kendala yang dialami serta solusinya dalam proses aktivitas pembuatan batik ecoprint yaitu, kerja sama dalam kelompok dan menumbuhkan jiwa kreatif peserta didik, upaya yang sudah dilakukan pendidik untuk mengatasi kendala tersebut dengan cara membimbing dan memotivasi. kata kunci: profil pelajar pancasila, tema kewirausahaan, batik ecoprint
Abstrak Indonesia
This research focuses on the application of the pancasila student profile on the theme of entrepreneurship in the ecoprint batik making project and its obstacles. this research used a descriptive qualitative method with the research location at sdn 032 tarakan. the main data sources were the teacher of class iv-b and the principals of sdn 032 tarakan. the data collection techniques used were interviews, observations, and document studies. the data analysis process was carried out through data reduction, data presentation and conclusions drawing. the results revealed that the application of the pancasila student profile on the project of making ecoprint batik in class iv-b, namely, (1) faith, fear of god almighty, and noble character was carried out by giving an explanation of the use of natural resources for living needs, (2) global diversity was done by introducing batik and the types of batik and their motifs, (3) mutual cooperation was carried out by forming experimental groups to make ecoprint batik and conducting questions and answers with sparking questions about batik, (4) independence was carried out by making ecoprint batik on tote bags independently, (5) critical reasoning was carried out by determining the type of plant according to the batik motif intended to produce, and (6) creativity was carried out by experimenting with making ecoprint batik to foster creative ideas. the obstacles experienced and the solutions in the process of ecoprint batik making activities were promoting cooperation in groups and fostering the creative spirit of students, the efforts that educators have made to overcome these obstacles by guiding and motivating. keywords: pancasila student profile, entrepreneurship theme, batik ecoprint