
Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IV Di SDN 050 Tarakan
Pengarang : Valentino Geotrinitas
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila pada siswa kelas iv di sdn 050 tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. fokus dalam penelitian ini adalah peran guru dalam menanamkan nilai karakter pada siswa sdn 050 tarakan. sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu guru dan siswa sementara untuk data sekunder yaitu modul dari p5 dan juga dokumentasi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah teknik analisis interaktif miles & huberman yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan. hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas iv sdn 050 tarakan telah menjalankan perannya; 1) peran guru sebagai educator guru telah memberikan pengajaran dan edukasi kepada siswa dalam hal pengembangan nilai karakter kerja sama mereka. 2) peran guru sebagai leader guru telah memberikan pengaruh positif dan contoh teladan kepada siswa dalam hal pengembangan nilai karakter kerja sama mereka. 3) peran guru sebagai motivator guru telah memberikan motivasi dan dorongan guna meningkatkan motivasi belajar kepada siswa dalam hal pengembangan nilai karakter kerja sama mereka. kata kunci: peran guru, karakter, profil pelajar pancasila
Abstrak Indonesia
The present study aimed to describeb the roles of the teacher in iinstilling the character value of the pancasila student profile in the fourth grade students at sdn 050 tarakan. this study employed descriptive qualitative research. the focus of this study was the roles of the teacher in iinstilling character value in studets of sdn 050 tarakan. the data sources used were primary data, namely a teacher and students, while secondary data were modules from p5 and documentation. the data were collected using interviews, observation, and documentation. the data were then analyzed using the miles and huberman interactive analysis technique which consisted of the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing and verification. the results indicated that the fourth grade teacher of sdn 050 tarakan had carried out the following roles: (1) the teachers role as an educator had provided teaching and education to studets inn terms of developing a caharacter value of cooperation, (2) the teachers role as a leader had provided a positive influence and role model to studets in terms of developing the character value of cooperation, (3) the teachers role as a motivator had provided motivation and encouragement to increase learning motivation to students in terms of developing the character value of cooperation. keywords: teachers role character, pancasila students profile