UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Nur Wulan Dewi Apriliani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii sma negeri 3 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2018 di sma negeri 3 tarakan. jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xii sma negeri 3 tarakan. populasi ini terdiri dari 8 kelas yang total jumlah siswanya adalah 270. teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling. probability sampling terdiri dari beberapa teknik. pada penelitian ini, teknik yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. sampel ini terdiri dari 152 siswa yang diambil secara acak. adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak spss 23.0 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas xii sma negeri 3 tarakan, dengan persamaan regresi ? = 29,110 + 0,522 x1 + 0,094 x2. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa disiplin belajar dan kemandirian belajar secara simultan memberikan pengaruh sebesar 12,6% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii sma negeri 3 tarakan. kata kunci: disiplin belajar, kemandirian belajar, hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

This research aimed to find out whether there is influence of learning discipline and autodidact simultaneously toward mathematics learning outcomes of students class xii of sma negeri 3 tarakan. the research was conducted in the second semester of the year 2018 in sma negeri 3 tarakan. in this research, the researcher used quantitative research with survey method. the population was the whole students of the twelfth grade of sma negeri 3 tarakan consisted of eight classes with the total number of 270 students. the used sample-taking technique was probability sampling consisted of several techniques. in this research, the used technique was proportionate stratified random sampling. the 152 students as samples were randomly taken. then, the technique of data collection used questionnaire and documentation. the technique of data analysis used multiple regression assisted by spss 23.0 software for windows. the research result showed that there was influence of learning discipline and autodidact simultaneously toward mathematics learning result of the twelfth grade students of sma negeri 3 tarakan with regression equation of ? = 29,110 + 0,522 x1 + 0,094 x2. based on the calculation coefficient result of determination, it was known that learning discipline and autodidact gave simultaneously 12,6% influence to mathematics learning result of the twelfth grade students of sma negeri 3 tarakan. keywords: learning discipline, autodidact, mathematics, learning result