UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Ulfah Rizky Utami

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp muhammadiyah 2 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2018 di smp muhammadiyah 2 tarakan. jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas ix smp muhammadiyah 2 tarakan. populasi ini terdiri dari 3 kelas yang total jumlah siswanya adalah 77. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. sampel penelitian ini terdiri dari 65 siswa. data analisis menggunakan regresi linier sederhana. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp muhammadiyah 2 tarakan, dengan persamaan regresi ? = 5,102 + 0,773x. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinas i, diketahui keterampilan sosial memberikan pengaruh sebesar 29,8% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp muhammadiyah 2 tarakan. kata kunci: keterampilan sosial, hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

This research was order to determine social skills on students’ mathematics learning outcomes of 9th grade in smp muhammadiyah 2 tarakan. it was conducted on the 8th-14th of agustus, 2018 at smp muhammadiyah 2 tarakan. in this research, the researcher used qualitative research with survey method. the population was the whole ninth grade students of smp muhammadiyah 2 tarakan. it consisted of 3 classes which were totaled seventy-seven students. the sampling technique used was proportionate stratified random sampling. the sample of this study consisted of 65 students. analysis data using simple linear regression. the research result showed that there was influence in social skills toward the ninth grade students’ learning result at smp muhammadiyah 2 tarakan with the equation of regression y = 5,102 + 0,773 x. according to counting result of determination coefficient, it was known that the social skills gave 29,8% influence on mathematic learning result of the 9th grade students at smp muhammadiyah 2 tarakan. keywords: social skills, mathematics learning outcomes