
Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Santi Kusumawardani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-7 sebagai kelas kontrol dan viii-5 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan angket minat belajar. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,036, (2) minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,000, dan (3)interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii smp negeri 7 tarakan dengan nilai p-value 0,454. kata kunci: model pembelajaran think pair share, hasil belajar matematika, minat belajar
Abstrak Indonesia
This research aims to study the effect of learning models to mathematic learning outcomes, the effect of learning interest to mathematic learning outcomes, and the interaction effect between learning models and learning interest to mathematic learning outcomes at the eighth grade students of smpn 7 tarakan. the research is a quasi experiment with factorial 2×3 design. the population of this research is all of the eighth grade classes of smpn 7 tarakan. the sampling technique was simple random sampling. the sample of this research are class viii-7 as control class and viii-5 as experiment class. the data collection was conducted by mathematic learning outcomes test and a learning interest questionnaire. the technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. descriptive analysis included mean and standard deviation. inferential analysis used two way analysis of variance. based on the result of the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that (1)learning models have an effects the mathematic learning outcomes with the p-value of 0,036, (2)the learning interest have an effect the mathematic learning outcomes with p-value of 0,000, and (3)the interaction between learning models and learning interest do not effect the mathematic learning outcomes at the eighth grade students of smpn 7 tarakan with a p-value of 0,454. keywords: think pair share learning model, mathematic learning outcomes, learning interest