UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Sikap Percaya Diri Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Al Khairaat Tarakan

Pengaruh Sikap Percaya Diri Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Al Khairaat Tarakan

Pengarang : Riskayanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar siswa kelas xi ma alkhairaat tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9 juni 2018 di ma alkhairaat tarakan. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi ma alkhairaat tarakan yang terdaftar pada tahun 2017/2018 yang kemudian semua populasi tersebut dijadikan sampel yang disebut dengan penelitian populasi atau sampel jenuh. pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen yaitu angket kepercayaan diri, tes kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar matematika. data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistic yaitu spss 23. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sikap percaya diri dan kemampuan komunikasi matematika secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas xi ma alkhairaat tarakan, dengan persamaan regresi y = 23,382 + 0,525 x1 + 0,178x2. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa sikap percaya diri dan kemampuan komunikasi matematika secara simultan memberikan pengaruh sebesar 27,1% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi ma alkhairaat tarakan. kata kunci: sikap percaya diri, kemampuan komunikasi matematika, hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

This research was qualitative research with survey method order to determine self-confidence attitude and mathematics communications ability on students’ mathematics learning outcomes of 11th grade in ma akhairaat tarakan. it was conducted on the 9th of juni, 2018 at ma alkhairaat tarakan. the population of this research were all of students of 11th grade in ma alkhairaat which listed in the academic year 2017/2018 and then all of population were made sample so called total sampling. the data were collected using three instruments: self- confidence attitude questionnaire, mathematics communication ability test and mathematics learning outcomes. the data obtained was processed with spss 23 program. the research result showed that there was influence in self-confident attitude and mathematics communication ability simultaneously toward the 11th grade students’ learning result at ma alkhairaat tarakan with the equation of regression y = 23,382 + 0,525 x1 + 0,178x2. according to counting result of determination coefficient, it was known that the self-confident attitude and mathematics communication ability simultaneously gave 27,1% influence on mathematic learning result of the 11th grade students at ma alkhairaat tarakan. keywords: self-confident attitude, mathematics communication ability, mathematics learninpg outcomes