
Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Nurul Fikrah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran sscs terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di smp negeri 2 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest-only control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas viii smp negeri 2 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-b sebagai kelas eksperimen dan kelas viii-e sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis. hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen adalah 2,87 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol adalah 2,49. hasil analisis uji independent sample t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 ? 0,05. dengan demikian h0 ditolak, yang berarti bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran sscs lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sscs berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan. kata kunci: model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs), kemampuan pemecahan masalah matematika
Abstrak Indonesia
The research aims to study the effect of sscs learning to the ability of mathematical problem solving at the eighth grade students of smp negeri 2 tarakan. this research was held on the second semester of the academic year 2017/2018. the research is quasi experiment with post-test only control group design. the population of this research is all of the eight grade classes of smp negeri 2 tarakan. the sampling technique was simple random sampling. the sample of this research are viii-b as an experiment class and viii-e as a control class. the data collection was conducted by mathematical problem solving ability test. the technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. descriptive analysis included the mean and standard deviation. inferential analysis included prerequisite assumption test and hypothesis test. the descriptive analysis results showed that the average of mathematical problem solving skill for experiment class is 2,87 and the average of mathematical problem solving skill for control class is 2,49. the independent sample t-test analyze result with a significance level of 5% (? = 0,05) obtained p-value 0,000. therefore h0 was rejected, it means that the average of mathematical problem solving skill taught by using sscs learning was significantly higher than the average of mathematical problem solving skill taught by using conventional learning at the eighth grade students of smp negeri 2 tarakan. it can be concluded that sscs learning has an effect on mathematical problem solving skill at the eighth grade of smp negeri 2 tarakan. keywords: search, solve, create and share (sscs) learning, mathematical problem solving skill