UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activites (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Directed Learning Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activites (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Directed Learning Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Indah Lestari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan pembelajaran (meas dan konvensional) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh self-directed learning tinggi, self-directed learning sedang dan self-directed learning rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran (meas dan konvensional) dengan self-directed learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di smp negeri 9 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas viii smp negeri 9 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-4 sebagai kelas kontrol dan viii-1 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket selfdirected learning. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran (meas dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,043, selfdirected learning tinggi, sedang dan rendah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan self-directed learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan dengan nilai p-value 0,259. kata kunci: model-eliciting activities (meas), kemampuan pemecahan masalah matematika, self-directed learning

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the influence of the approach learning (meas and conventional) on mathematical problem solving abilities, the influence of high self-directed learning, moderate self-directed learning and low self-directed learning on mathematical problem solving abilities, and the influence of interactions between learning approaches (meas and conventional) with self- directed learning towards mathematical problem solving skills in eighth grade students of smp negeri 9 tarakan. this research was carried out in the even semester of 2018/2019 school year in tarakan 9 public middle school. the type of research used in this study is a quasi-experimental with a 2×3 factorial design. the population in this study were all eighth grade students of smp negeri 9 tarakan. sampling is done by simple random sampling. the sample in this study is class viii-4 as a control class and viii-1 as an experimental class. data collection is done by using tests of mathematical problem solving abilities and questionnaires of self-directed learning. data analysis techniques using descriptive and inferential analysis. descriptive analysis includes average of calculation and standard deviation. inferential analysis uses two-way variance analysis. based on the results of the analysis with a significant level of 5% it can be concluded that the learning approach (meas and conventional) influences the ability to solve mathematical problems with p-value 0.043, high, medium and low self-directed learning affect the ability of mathematical problem solving with a pvalue of 0.000, and there is no influence of interaction between learning models with self-directed learning of mathematical problem solving skills in class viii smp 9 tarakan with p-value 0.259. keywords: model-eliciting activities (meas), mathematical problem solving ability, self-directed learning