UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Erra

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (kooperatif tipe mea dan konvensional) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh self confidence tinggi dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (kooperatif tipe mea dan konvensional) dengan self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian treatment by level factorial 2×2. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii j sebagai kelas eksperimen dan viii i sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket self confidence. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (kooperatif tipe mea dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,033, self confidence tinggi dan rendah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,017, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan dengan nilai p-value 0,092. kata kunci: means ends analysis (mea), kemampuan pemecahan masalah matematika, self confidence siswa

Abstrak Indonesia

This research aims to determine the influence of learning models (mea and conventional type) on mathematical problem solving ability, the influence of high and low self confidence on mathematical problem solving abilities, and the influence of interaction between learning models (cooperative mea and conventional types) with students' self confidence on mathematical problem solving skills in eighth grader of smp negeri 2 tarakan. the research type used in this research was quasi experiment with treatment by level factorial research design 2×2. in this research, the population were all eighth grader of smp negeri 2 tarakan. sampling was done by simple random sampling. the sample in this research was class viii j as the experimental class and viii i as the control class. data collection was done by using mathematicl problem solving skills test and self confidence questionnaires. besides that, data analysis techniques which used were descriptive and inferential analysis. descriptive analysis included mean and standard deviation. inferential analysis used two-way variance analysis. based on the results of the analysis with a significant level of 5%, it can be concluded that the learning model (cooperative mea type and conventional) influenced the ability of mathematical problem solving with p-value 0,033, high and low self confidence had an effect on mathematical problem solving ability with p-value 0,017, and there was no interaction effect between the learning model and self confidence on the ability of mathematical problem solving in the eighth grader of smp negeri 2 tarakan with a p-value of 0,092. keywords: means ends analysis (mea), mathematical problem-solving ability, student self confidence