UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pemanfaatan Limbah Plastik Dan Fly Ash Untuk Campuran Lapisan Permukaan Jalan

Pemanfaatan Limbah Plastik Dan Fly Ash Untuk Campuran Lapisan Permukaan Jalan

Pengarang : Reza Renaldi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Lapis beton aspal adalah lapisan perkerasan jalan yang mempunyai nilai struktural. salah satu jenis lapis beton aspal adalah asphalt concrete – wearing course (ac-wc) yang merupakan lapisan perkerasan yang posisinya terletak paling atas. penelitian ini mencoba menggunakan plastik pet (polyethlene terephthalate) sebagai bahan tambahan aspal dan fly ash sebagai bahan pengisi filler dalam campuran lapisan ac-wc yang diharapkan menambah daya tahan lapis perkerasan beton aspal terhadap kerusakan yang diakibatkan cuaca dan beban lalu lintas. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan plastik pet sebagai bahan tamabahan plastik dan fly ash sebagai bahan pengisi filler terhadap karakteristik marshall dari campuran aspal panas wearing course (ac-wc). metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. pengumpulan data yang didapat melalui proses pengujian di laboratorium. data tersebut akan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kadar aspal optimum (kao) sebesar 6.5% dan variasi penambahan plastik pada nilai kao yaitu 0%, 4%, dan 6%. dari ketiga varisi plastik di dapatkan hasil kadar plastik optimum yaitu sebesar 4% dengan nilai rata -rata stabilitas 3698,676 kg, density 1,947 gr/cm3, vma 21,058 %, vfb 58,027 %, vim 9,252 %, flow 5,6 mm, dan mq 635,217 kg/mm. pengaruh penambahan plastik pet sebagai bahan tambahan aspal dan fly ash sebagai bahan pengisi filler terhadap karakteristik marshall memiliki nilai vma, vim, stabilitas, flow, dan marshall quotient (mq) lebih tinggi dibandingkan tanpa tambahan plastik dan fly ash. kata kunci : asphalt concrete – wearing course (ac-wc), polyethlene terephthalate (pet), fly ash, karakteristik marshall.

Abstrak Indonesia

Asphalt concrete layer is a pavement layer that has structural value. one type of asphalt concrete layer is asphalt concrete - wearing course (ac-wc) which is the top layer of pavement. this research used pet (polyethylene tcrcphthalatc) plastic as asphalt additive and fly ash as filler in ac-wc mixture which was expected to increase the durability of asphalt concrete pavement against damage caused by weather and traffic load. the purpose of this study was to determine the effect of the addition of pet plastic as a plastic additive and fly ash as a filler on the marshall characteristics of hot asphalt wearing course (ac-wc) mixtures. the research method used was a quantitative research method. data collection was obtained through a laboratory testing process. the data was analyzed to meet the objectives of this research. the results showed that the optimum asphalt content (oac) value was 6.5% and the variation of plastic addition at the oac value was 0%, 4%, and 6%. of the three plastic variations, the optimum plastic content was obtained at 4% with an average stability value of 3698.676 kg, density 1.947 gr/cm3, vma 21.058%, vfb 58.027%, 9.252%, flow 5.6 mm, and mq 635.217 kg/mm. the effect of adding pet plastic as an asphalt additive and fly ash as a filler on marshall characteristics had higher values of vma, vim, stability, flow, and marshall quotient (mq) than without the addition of plastic and fly ash. keywords: asphalt concrete - wearing course (ac-wc), polyethylene terephlhalate (pet), fly ash, marshall characteristics.