UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa Di SMA Negeri 4 Tarakan

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa Di SMA Negeri 4 Tarakan

Pengarang : SARLINA SARI LISNAWATI

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan minat dan bakat siswa serta upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling. dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua informan untuk mendapatkan sumber data dari penelitian, terdiri dari satu guru bimbingan dan konseling informan utama, dan satu siswa sebagai informan pendukung. metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. analisis data digunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa peran guru bimbingan dan konseling di sma negeri 4 tarakan telah tercapai dengan baik dalam membantu siswa mengembangkan minat dan bakat siswa, maka dapat disimpulkan upaya yang dilakukan yaitu pemberian layanan bimbingan klasikal dengan memberikan informasi serta motivasi agar siswa bisa lebih mampu memahami dan mengetahui potensi diri yang dimiliki, oleh sebab itu sangat penting peran guru bimbingan dan konseling dalam mengarahkan siswa untuk mengembangkan minat dan bakat kedepannya. kata kunci: peran guru bimbingan dan konseling, minat, dan bakat

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to determine the role of guidance and counselling teacher in developing students’ interests and talent, as well as the efforts undertaken by guidance and counselling teachers. in the study, the researcher used two informants to obtain data, consisting of one guidance and counselling teacher as the primary informant and one one student as as supporting informant. the method used was a descriptive-qualitative method. the data collection techniques used were interviews and documentation. the data analysis used consisted of there stages: data reduction, data presentation, and conclusion/drawing. the results of this study showed that the role of guidance and counselling teachers at sman 4 tarakan has been well achieved in helping students develop their interests and talents. it concluded that the efforts of providing classical guidance services by providing information and motivation to better understand and know their potential. therefor, guidance and counselling teachers are important in directing students to develop their future interests and talents. keywords: role of guidance and counseling teachers, interests, talents