
Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Resky Aryani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inside outside circle (ioc) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan pada materi relasi dan fungsi. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di smp negeri 9 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian posttest only control design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. sampel dalam penelitian ini yaitu kelas viii-3 sebagai kelas kontrol dan kelas viii-4 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian kemampuan pemahaman konsep matematika. teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. analisis statistik deskriptif meliputi rata-rata hitung dan standar deviasi sedangkan analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inside outside circle berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan pada materi relasi dan fungsi, diperoleh thitung sebesar 4,708 dan nilai p-value sebesar 0,000. kata kunci: inside outside circle, kemampuan pemahaman konsep matematika
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine the effect of the inside outside circle (ioc) learning model on ability of understanding mathematical concepts of eighth grade students of smp negeri 9 tarakan, on the lesson of relations and functions. it was conducted in the odd semester of 2019/2020 at smp negeri 9 tarakan. this was a quasiexperimental research with posttest only control design. the population in this study were all eighth grade students of smp negeri 9 tarakan. using simple random sampling technique, class viii-3 students were taken as the control group and class viii-4 students were as the experimental group. data were collected by using a descriptive test on understanding mathematical concepts. data were analyzed descriptively and inferentially. the descriptive analysis included arithmetic mean and standard deviation while the inferential analysis used prerequisite assumption tests and hypothesis tests. the results of the analysis showed that, at a significance level of 5%, the ioc learning model significantly affected the ability of understanding the mathematical concepts of the eighth grade students of smp negeri 9 tarakan, on the lesson of relations and functions (calculated t = 4.708 and p = 0.000). keywords: inside outside circle, ability to understand math concepts