
Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Moh. Rudi Hidayat
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pertama, pengaruh model pembelajaran (ioc dan konvensional) terhadap hasil belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. kedua, pengaruh minat belajar siswa kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah terhadap hasil belajar matematika siswa. ketiga, pengaruh interaksi antara model pembelajaran (ioc dan konvensional) dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di smp negeri 10 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel penelitian ini adalah kelas ix-2 sebagai kelas eksperimen dan ix-1 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika siswa dan angket minat belajar siswa siswa. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan iferensial. teknik deskriptif meliputi rata- rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (ioc dan konvensional) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan p-value 0,007. minat belajar siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai p-value 0,556, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan dengan nilai p-value 0,248. kata kunci: inside outside circle (ioc), hasil belajar matematika siswa, minat belajar siswa
Abstrak Indonesia
There were three aims to be investigated in this study. first was the effect of learning models (ioc and conventional) on students’ mathematics learning achievement. second was the effect of students’ learning interest levels (high, moderate, and low) on students’ mathematics learning outcomes. third was the effect of interaction of the learning models (ioc and conventional) on students’ interest in mathematics learning achievement. this research was conducted in the odd semester of the 2019/2020 at smp negeri 10 tarakan. this was a quasiexperimental research with 2x 3 factorial design. the population were all the ninth grade students at smp negeri 10 tarakan. sampling was done by simple random sampling that consisted of class ix-2 students as the experimental group and class ix-1 as the control group. data were collected using tests on mathematics learning and a learning interest questionnaire. the collected data were analyzed descriptively and inferentially. descriptive analysis included arithmetic mean and standard deviation. inferential analysis was done through two path variance analysis. based on the result of the analysis,with a significance level of 5%, it was concluded that the learning model (ioc and conventional)had an effect on student mathematics learning achievement with a p-value of 0.007. student learning interest had no effect on student mathematics learning achievement with a p-value of 0.556. there was no effect of interaction between the learning models and student interest in mathematics learning in the ninth grade student of smp negeri 10 tarakan with a p-value of 0.248. keywords: inside outside circle (ioc), mathematics learning achievement, learning interest