UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Laju Angkutan Sedimen Pada Saluran Drainase Bandara Internasional Juwata-Tarakan

Analisis Laju Angkutan Sedimen Pada Saluran Drainase Bandara Internasional Juwata-Tarakan

Pengarang : DEVANI FITRIANA FADILLAH

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kawasan bandara tarakan sebagai salah satu sarana publik milik pemerintah yang harus terbebas dari genangan air dan banjir, maka pada kawasan tersebut sangat memerlukan penyerapan air yang cepat, sehingga dibutuhkannya sistem drainase yang terintegrasi dengan baik. kawasan bandara tarakan pada hulu sungainya mengalami penumpukan sedimentasi yang tinggi, sehingga saat terjadinya proses pengaliran angkutan sedimen mengalami penurunan kecepatan aliran yang menyebabkan sedimen mengendap. adanya pengendapan sedimen pada saluran aliran drainase mengakibatkan kerusakan pada daerah aliran drainase serta meningkatnya angkutan sedimen yang terbawa ke saluran drainase. analisis sedimen ini dilakukan untuk menentukan karakteristik sedimen dan laju angkutan sedimen total dengan menggunakan metode shen & hung dan metode bagnold serta menemukan pengaruh dari sedimentasi terhadap aliran drainase pada saluran drainase bandara internasional juwata-tarakan. berdasarkan hasil uji laboratorium, klasifikasi sedimen didominasi oleh pasir halus. hasil dari penelitian ini didapatkan nilai rata-rata laju angkutan sedimen total dengan menggunakan metode bagnold dengan nilai 0,1579 ton/tahun, sedangkan dengan metode shen & hung hasil laju sedimen diperoleh sebanyak 0,0850 ton/tahun, sehingga metode bagnold dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam perhitungan angkutan sedimen total. kata kunci : laju angkutan sedimen total, karakteristik sedimen, metode shen & hung, metode bagnold.

Abstrak Indonesia

The tarakan airport area is one of the government’s public infrastruktur that must be free from flooding and standing water, so a well-integrated drainage system is required. this location also requires quick water absorption. the tarakan airport area upstream of the river has a large buildup of sedimentation, causing the material to settle when the sediment transport process takes place and the flow speed lowers. it damages the drainage flow area and increases the transport of sediment carried into the drainage channel when sediment is deposited in the drainage channel. this sediment analysis was done to investigate the impact of sedimentation on drainage flow in the juwata-tarakan airport drainage channel as well as to calculate sediment characteristics and total sediment transport discharged using the shen & hung method. according to the results of laboratory tests, fine sand dominated the sediment classification. the bagnold method could be used as benchmark in calculating total sediment transport because the results of this study showed that it produced an average value of total sediment transport discharge with a value of 0,1579 tons/year, compared to sediment discharge results of 0,0850 ton/ year with the shen & hung method. keywords : total sediment transport discharge, sediment characteristics, shen and hung method, bagnold method.