UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri 015 Tarakan

Deskripsi Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri 015 Tarakan

Pengarang : Syifa Arzaq Wibian Firdos

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Fungsi kepemimpinan kepala sekolah merupakan pengelolaan dan pembinaan sekolah melalui kegiatan administrasi, manajemen, dan kepemimpinan sesuai dengan kemampuan. tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan fungsi kepemimpinan kepala sekolah yang digunakan untuk memimpin di sdn 015 tarakan. penelitian ini berfokus pada fungsi kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar negeri 015 tarakan. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian yaitu sdn 015 tarakan. informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru waka kurikulum sdn 015 tarakan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian dapat dilihat dari kepala sekolah menjalankan fungsi kepemimpinan kepala sekolah emaslim- fm. (1)fungsi sebagai educator, yaitu meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan mendorong agar meningkatkan kompetensinya. (2)fungsi sebagai manajer, yaitu mengelola sumberdaya sekolah, merencanakan, memfasilitasi tenaga pendidik. 3)fungsi sebagai administrator, yaitu mengelola administrasi sekolah seperti administrasi peserta didik, personalia guru, sarana dan prasarana, kearsipan, dan keuangan. 4) fungsi sebagai supervisor, yaitu pengawasan dan pengendalian guna meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.5)fungsi sebagai leader, yaitu menyelesaikan masalah yang terjadi dengan melibatkan tenaga pendidik dan menjadi contoh teladan disekolah.6)fungsi sebagai inovator, yaitu belum melaksanakan fungsinya karena baru menjabat menjadi kepala sekolah.7)fungsi sebagai motivator, yaitu memberikan dukungan kepada tenaga pendidik berupa motivsi agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai tujuan yang ditetapkan bersama.8) fungsi sebagai figure dan mediator, yaitu menjadi contoh disiplin disekolah dan menjadi penengah dalam menyelesaikan masalah dengan pihak masyarakat. sdn 015 tarakan menjalankan 7 dari 8 fungsi kepemimpinan kepala sekolah yaitu, educator, manager, administrator, supervisor, leader, motivator dan figure mediator. fungsi inovator belum terlaksana karena masa kerja baru menjabat kepala sekolah untuk memimpin di sekolah dasar yang mana awalnya kepala sekolah adalah guru sekolah menengah pertama. selain itu, kepala sekolah butuh penyesuaian terhadap lingkungan sekolah untuk menjalankan fungsi inovator tersebut. kata kunci: deskripsi, fungsi kepemimpinan, kepala sdn 015 tarakan

Abstrak Indonesia

The principal's leadership function is the management and coaching of the school through administrative, management and leadership activities according to the ability the purpose of this research was to describe the principal's leadership function used to lead in sdn 015 tarakan this research focused on the principal's leadership function in the sdn 015 tarakan. this research used a descriptive qualitative method with the location of the research was the sdn 015 tarakan informants in this research were the principal and the vice principals of curriculum of the school data collection techniques used were interviews, observation and documentation studies data analysis process was conducted through data reduction, data presentation and drawing conclusions the results of the research showed that the principal carried out the leadership function of the emaslim-fm principal this meant that the principal functioned as (1) an educator, which was to improve the competence of educators and encourage them to improve then competence, (2) a manager, namely managing school resources planning facilitating educators, 3) an administrator, namely managing school administration such as student adminstration, teaches personnel, facilities and infrastructure archiving, and finance, (4) as a supervisor, namely supervision and control in order to improve the competence of educators (5) a leader, that is to solve problems that occur by involving educators and be a role model in the school, (7) a motivator, which was to provide support to educators in the form of motivation so that they could carry out their duties well in accordance with the goals set together, (8) a figure and mediator, that was to be an example of discipline in school and to be an intermediary in solving problems with the community sdn 015 tarakan performed 7 of the 8 principal leadership functions, namely, educator, manager, administrator, supervisor, leader, motivator and figure mediator the innovator's function had not yet been implemented because the new working period as a school principal to lead in a primary school where initially the school principal was a first middle school teacher in addition, school principals needed adjustments to the school environment to carry out the function of the innovator. keywords: description, leadership function, head of sdn 015 tarakan