
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOPI ROBUSTA MALINAU DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM D’BALOY FOOD INDUSTRIES
Pengarang : Regita Yiswi Massolo
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Kopi robusta malinau merupakan salah satu komoditas unggulan dari daerah malinau yang memiliki cita rasa khas dan kualitas yang sangat baik saat ini kondisi usaha telah menjadi lebih kompetitif. umkm yang dapat bertahan tentunya yang menggunakan strategi agar mampu bersaing dengan para pengusaha besar, usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) terus berupaya dan mencoba dalam meningkatkan jati diri melalui proses pengembangan produk baru di pasaran. penelitian ini bertujuan untuk menjawab 1) mengetahui faktor internal (ifas) dan faktor eksternal (efas) kopi mainau pada umkm d’baloy food industries. 2) mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing kopi robusta malinau pada umkm d’baloy food industries. informan dalam penelitian ini adalah pemilik umkm d’baloy food industries. data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. metode analisis data yang digunakan adalah analisis swot hasil penelitian ini, pertama, internal dan eksternal faktors analisys summary : kekuatan (strengths) : kualitas rasa yang unik, harga yang kompetitif, produk yang lokal, kemasan yang menarik dan minim kompetitor. kelemahan (weakness) :kurangnya varian kopi, keterbatasan supply, keterbatasan kapasitas produksi, kualitas dan fluktuasi harga bahan baku. peluang (opportunities) :peningkatan jumlah wisatawan, perubahan tren terhadap minuman kopi, diversifikasi produk, meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap kopi daerah dan produk oleh-oleh. ancaman (threats) : plagiasi produk, persaingan harga, ekspedisi, banyak produk subtitusi dan perubahan cuaca/iklim. kedua, strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatan daya saing umkm d’baloy food industries adalah startegi so sesuai dengan hasil diagram swot yaitu terdapat pada kuadran 1, strategi sonya yaitu memperkuat promosi dan pemasaran (s1, o1), meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman konsumen (s1, o1, o4), mengembangkan varian produk (s5, o3), meningkatkan kerjasama dengan umkm lain (s3, o2, o3, o4, o5) dan menjaga kualitas produk dan inovasi (s1, o4) kata kunci: umkm d’baloy food industries, analisis swot, kopi robusta malinau
Abstrak Indonesia
Malinau robusta coffee is a premium product with a unique flavor and top-notchquality. to increase its competitiveness,small and medium enterprise (sme)d'baloy uses robusta coffee from malinau as an industrial raw material in itsworkplace.smes that employ tactics to compete with well-known businesspeoplewill survive. small and medium-sized businesses (smes) are constantly workingto strengthen their brand by creating new products. 1) the internal factors (ifas)and external factors (efas) of d'baloy malinau coffee as smes in the foodindustries were the subjects of this study. 2)the marketing plan to make malinaurobusta coffee more competitive for d'baloy food industries smes. the ownerof sme d'baloy food industries is a research informant. primary and secondarydata are used in the research. swot analysis is the technique used for researchanalysis. the swot analysis outlines the internal and external factors contributingto the d'baloy coffee shop's strengths: distinct taste quality, affordable prices,locally produced goods, appealing packaging, and few competitors. the d'baloycoffee shop's weaknesses include a need for more coffee varieties, a limited supply,a limited production capacity, and fluctuating raw material prices and quality.theopportunities aspect discusses a growing customer base, shifting beverage trends,product variety,and rising public consumption of local coffee and souvenirs. thethreats are product imitators,price gouging,expeditions, substitute products, andweather/climate change. the second research goal identifies the first quadrant ofsonya's strategy as the marketing tactic used to boost the competitiveness ofd'baloy coffee shop,which includes strengthening promotion and marketing (s1,01), improving service quality and customer experience (s1,01,04),explainingproduct variations (s5, 03), expanding collaboration with other msmes (s3,02,o3,04,05),and maintaining product quality and innovation (s1,04). keywords:smes,malinau robusta coffee,ifas,efas and swot analysis.