UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Jasa Online Maxim Di Tarakan (Studi Kasus Masyarakat Umum Kota Tarakan)

Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Jasa Online Maxim Di Tarakan (Studi Kasus Masyarakat Umum Kota Tarakan)

Pengarang : Sitti Dahlia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasaan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada pengguna jasa online maxim (studi kasus masyarakat umum kota tarakan). populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum kota tarakan yang menggunakan layanan online maxim. penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. data yang digunakan adalah jenis data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat di kota tarakan dengan kriteria yang telah ditentukan. metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan smartpls 4. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasaan pelanggan, (2) harga berpengaruh positif terhadap kepuasaan pelanggan, (3) kualitas layanan berpengaruh negatif terhadap loyalitas pelanggan, (4) harga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, (5) kepuasan pelanggan pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, (6) kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (7) harga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. kata kunci: kualitas layanan, harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstrak Indonesia

The research aims to determine and analyze the influence of service quality and price on customer satisfaction and customer loyalty for maxim online service users (a case study of the general public of tarakan city). the population is the general public of tarakan city who use maxim's online services. this research uses purposive sampling techniques with a sample size of 200 respondents. the data used is a type of primary data obtained through distributing questionnaires to the society in tarakan city using predetermined criteria. the analytical method used is path analysis using smart pls 4. the results of this research show that (1) service quality has a positive effect on customer satisfaction, (2) price has a positive effect on customer satisfaction, (3) service quality has a negative effect on customer loyalty. (4) price has a positive effect on customer loyalty. (5) customer satisfaction has a positive effect on customer loyalty, (6) service quality has a positive effect on customer loyalty through customer satisfaction (7) price has a positive effect on customer loyalty through customer satisfaction. keywords: service quality, price, customer satisfaction, customer loyalty