UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Perception Of The First Grade Students On The Implementation Of English Learning Through Flipped Classroom Model At SMPIT Ulul Albab Tarakan

The Perception Of The First Grade Students On The Implementation Of English Learning Through Flipped Classroom Model At SMPIT Ulul Albab Tarakan

Pengarang : Linda Puspita Ariani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi dan faktor-faktor yang paling mempengaruhi persepsi siswa kelas satu pembelajaran bahasa inggris melalui model flipped classroom di smpit ulul albab tarakan. desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanary sequence, sekolah yang dipilih adalah smpit ulul albab tarakan dan subjek utama penelitian ini adalah siswa kelas i kelas al-qalam yang telah berpengalaman menggunakan metode flipped classroom. pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenter. namun dalam penelitian ini, peneliti juga menggunakan kuesioner untuk membantu mengumpulkan lebih banyak data. setelah mendapatkan hasil dari angket dan wawancara, siswa memberikan persepsi yang positif seperti memahami materi yang disajikan melalui google classroom, dapat mengakses materi dengan mudah, guru memberikan pembelajaran yang bervariasi, siswa mendapatkan waktu lebih banyak untuk berlatih di kelas dan berperan aktif dalam pembelajaran dan siswa juga memahami penerapan metode yang digunakan oleh guru. hal ini dibuktikan dengan persentase kuesioner yang menunjukkan kategori persepsi positif seperti kegiatan emansipatoris (90%), kegiatan partisipatif (83%), kegiatan struktur informasi dan desain (83%) dan qualia (75%). siswa merasa tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran flipped classroom. di sisi lain, siswa merasa menggunakan metode flipped classroom merupakan metode yang harus diperhatikan, terlihat bahwa mereka dominan mengatakan lebih mudah memahami materi dan berinteraksi dengan siswa lain dan guru dalam pembelajaran bahasa inggris. kata kunci: persepsi, flip classroom, google classroom, pembelajaran bahasa inggris

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to describe the perception of the first-grade students of english learning through flipped classroom model at smpit ulul albab tarakan. this research employed mixed-methods research. the selected school was smpit ulul albab tarakan and the main subject of this research was the first-grade students of al-qalam class where they had experiences using the flipped classroom model in english learning. the data were collected using a questionnaire, classroom observation, interview and documentation. the results showed that the percentage of each indicator of the questionnaire fell into positive perception, namely: emancipatory activities (90%), participatory activities (83%), information structure and design activities (83%), and qualia (75%). this indicated that the students understood the material presented through google classroom, accessed material easily, got immersed in varied learning, got more time to practice in class, and played an active role in learning. furthermore, the had no difficulties in learning english through the flipped classroom learning model. it could be seen that they dominantly responded that it was easier to understand the material and interact with other students and the teacher in learning. keywords: perception, flipped classroom, google classroom, english learning