UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas I-B Di SDN 019 Tarakan

Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas I-B Di SDN 019 Tarakan

Pengarang : Mella Nur Oktaviyanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bermaksud menjawab pertanyaan terkait peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 019 tarakan. fokus pada peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa. adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah dan guru. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah waancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sdn 019 tarakan telah menerapkan perannya dalam memberikan motivasi belajar pada siswa yaitu dengan cara memberikan nilai/angka pada hasil belajar siswa pada buku tugas, dan pada buku raport siswa. memberikan hadiah kepada siswa bagi yang memperoleh nilai tertinggi. menciptakan kompetisi atau persaingan secara individu dalam belajar untuk memperoleh nilai tertinggi dan mendapatkan hadiah. memberikan ulangan kepada siswa ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. memberikan pujian kepada siswa yang memperoleh nilai yang baik dengan mengucapkan “wah, kamu hebat sekali”, “kamu pintar”, dan “luar biasa”. memberikan hukuman kepada siswa yang terlambat mengumpulkan tugas dengan cara memberikan tugas tambahan. menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode pembelajaran ceramah, penugasan, tanya jawab, dan kolaborasi. membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok dengan cara menyampaikan perhatian kepada siswa, memberikan pengulangan materi, membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang siswa alami serta mengarahkan siswa untuk memahami materi yang sulit. kata kunci: peran, guru, motivasi, belajar

Abstrak Indonesia

This research intended to answer questions related to the role of teachers in providing learning motivation to students. this descriptive qualitative research was conducted in sdn 019 tarakan. it was focused on the teacher's role in providing learning motivation to students. primary and secondary data sources were used in this study, and the informants were principals and teachers. data collection techniques used were interviews, observations, and documentation. qualitative data analysis techniques was done through data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. the results of the research showed that the teachers in sdn 019 tarakan had implemented their role in providing learning motivation to students by giving values/numbers to the students' learning results in the assignment book, and in the student report book. students with the highest grades received awards. they established a competition or an individual contest to learn how to obtain the greatest value and win a reward. students received daily, mid-semester, and end-of-semester reviews. teachers praised students who received high grades by using phrases like "wow, you're great," "you're smart," and "amazing." "teachers punished students who were late in turning in their homework by giving them more work. teachers used a variety of teaching techniques, including lectures, homework, question-and-answer sessions, and group projects. teachers assisted students with learning disabilities both individually and in groups by paying attention to them, repeating the subject, offering assistance with problems they were having, and guiding them toward understanding challenging material. keywords: role, teacher, motivation, learning