
Analysis Of Culture In English Textbook “When English Rings A Bell” For Seventh-Grade Junior High School
Pengarang : Atikah Qurrotu Aini
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kebudayaan menggunakan teori byram et al (1954) dan jenis-jenis kebudayaan menggunakan teori cortazzi and jin (1999). penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain kepustakaan. subjek penelitian ini adalah buku teks bahasa inggris untuk siswa smp kelas vii berjudul bahasa inggris "when english rings a bell" yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan di jakarta. proses analisis data menggunakan teori dari miles and huberman (2010) meliputi reduksi, display, dan penarikan kesimpulan venfikasi. pengambilan data dilakukan dengan proses seleksi, identifikasi klasifikasi, dan pengkodean. berdasarkan hasil penelitian, budaya yang paling dominan digunakan dalam buku ajar adalah interaksi sosial sebesar 51,5625%, selanjutnya aspek kepercayaan dan perlaku (bb) memberikan kontribusi signifikan sebesar 18,75% yang mencerminkan dampak nilai, norma, dan praktik bersama terhadap ekspresi budaya identitas sosial (sig) terwakali di 10,9375%, berisi tentang informasi identitas individu dan kolektif dalam mempengaruhi afiliasi budaya. sementara itu, lembaga sosial politik (spi) mencapai 4,6875% yang berisi tentang contoh bangunan kepemerintahan dan juga aspek pembelajaran tentang kepemerintahan. sejarah nasional (nh) dan geografi nasional (ng) sebesar 1,5625%, serta stereotip dan identitas nasional (sni) sebesar 6.25% terakhir, sonalisasi dan siklus hidup (slc) memperoleh 4,6875% yang mempelajari tentang kebiasaan sehari-hari. jenis budaya yang paling banyak digunakan adalah budaya sumber, diikuti oleh budaya target (bahasa inggris). sementara itu, budaya international tidak ditemukan dibuku ini kata kunci: kebudayaan, buku ajar bahasa inggris
Abstrak Indonesia
This research aims to find out the criteria of culture using the theory of byram et al (1994) and the types of culture using the theory of cortazzi and jin (1999). this research uses qualitative descriptive method with interature design the subject of this research is an english textbook for seventh grade junior high school mudents entitled english "when english rings a bell" published by the ministry of education and culture in jakarta the process of data analysis using theory from miles and huberman (2010) includes reduction, display, and drawing conclusions/verification data collection is done through the process of selection, identification, classification, and coding. based on the research results, the most dominant culture used in textbooks is social interaction at 51.5625%, then the belief and behavior aspect (bb) makes a significant contribution at 18.75% that reflects the impact of common values, norms, and practices on cultural expression social identity (sic) represented at 10.9375%, contains information about individual and collective identity in influencing cultural affiliation. meanwhile, the social political institution (spi) reached 4,6875%, which contains examples of government building and also aspects of learning about. government. national history (nh) and national geography (ng) amounting to 15625%, and stereotypes and national identity (sni) amounting to 6.25% lastly, socialization and life cycle (slc) obtained 4.6875% which studied about daily habits. the most used culture type is the source culture, followed by the target culture (english). meanwhile, international culture is not found in this book. keywords: culture, english textbook