UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Di Tinjau Dari Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Di SMP Negeri 8 Tarakan

Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Di Tinjau Dari Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Di SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Herlina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Konseling kelompok pada dasarnya adalah pemberian bantuan kepada individu yang di lakukan dalam suasana kelompok dan bersifat pencegahan dan penyembuhan serta bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam berbagai aspek perkembangan dan pertumbuhannya.terdapat fenomena yang terjadi disekolah seperti, merokok, berkelahi, dan membolos saat jam pelajaran. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok yang di smp negeri 8 tarakan. jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang guru bk. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok di smp negeri 8 tarakan memiliki tujuan atau context seperti, membantu pengetasaan masalah siswa, lebih dekat dengan siswa, dan peningkatan kemampuan siswa. adapun input atau persiapan yang dilakukan guru bk yaitu assessment awal sebelum memulai konseling. pada tahap pelaksanaan atau proses konseling kelompok guru bk akan menentukan waktu serta pengguaan metode dan teknik yang sesuai. pada tahap hasil atau product guru bk akan melakukan evaluasi atau follow up terhadap layanan yang telah dilakukan. kata kunci: layanan konseling kelompok, model cipp

Abstrak Indonesia

Group counseling is basically the provision of assistance to individuals carried out in a group atmosphere and is preventive and healing in nature and aims to provide convenience in various aspects of developmentand growth including overcoming phenomena that often accur in schools, scuh as student who smoke, fight, and skip classes during class hours. the purpose of the study was to determine how the implementation of group consleing services at smp n egeri 8 tarakan. the type of research method used was descriptive qualitative method. the subjects of this research consisted of 3 counseling guidance teacher. the data collection techniques of this research were interviews, observation, ad documentation. the data analysis techniqyes included data reduction, data presentation, and coclusiondrawing. the validity of the data used in this study was carried out by data triangulation. the reseach results revealed that the implementation of grup counseling services at smp negeri 8 tarakan hard a purpose of contetxt,such as helping to alleviate student problems, getting closer to students, and increasing student abilities. in addition, inputs or preparation made by counseling teachers includes initial assements before starting counseling. then, at the implementation or process stage of group counseling, the counseling teacher determined the time ad use of appropriate methods and techeniques. furthermore, at the result or product stage, the counseling teacher evaluated or followed up on the sevices that had been carried out. keywords: group counseling services, cipp model