UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS)  Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Terhadap  Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Sebatik

Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Sebatik

Pengarang : Mariani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektivitas dari penggunaan lembar kegiatan siswa (lks) berbasis keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa di sma negeri 1 sebatik. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas xi psp sma negeri 1 sebatik. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. keterampilan proses sains yang diukur menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal yang terdiri dari 12 indikator yaitu; menggunakan sebanyak mungkin indra, mencari perbedaan dan persamaan, mengontraskan ciri-ciri, menyimpulkan, mengemukakan apa yang terjadi pada keadaan yang belum diamati, bertanya untuk meminta penjelasan, mengajukan pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis, menentukan alat dan bahan/sumber yang akan digunakan, menentukan apa yang akan dilaksanakan berupa langkah kerja, mengetahui alasan mengapa menggunakan alat tersebut, mengetahui bagaimana menggunakan alat dan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis. hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji n-gain dan uji paired sample t-test. hasil nilai uji n-gain sebesar 0,7705 dengan kriteria tinggi dan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar -18,168 dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 yaitu ( < 0,001) artinya 0,001 ≤ 0,05 sehingga h0 ditolak dan h1 diterima. serta terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest dengan perolehan nilai hasil belajar ketuntasan kelas yang mencapai nilai 75% dengan nilai kkm sebesar 72, maka penggunaan lembar kegiatan siswa (lks) berbasis keterampilan proses sains (kps) efektif terhadap hasil belajar siswa di sma negeri 1 sebatik. kata kunci : keterampilan proses sains, hasil belajar

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to evaluate the impact of employing student work sheets (lks) based on scientific method skills on the learning outcomes of students at sma negeri 1 sebatik. the quantitative descriptive techniques used in this study. all of the students in class xi psp sma negeri 1 sebatik made up the study's population. with a total sample size of 36 students, the sampling technique used purposive sampling. using a multiple-choice test with 30 questions and 12 indicators, including using as many senses as possible, looking for differences and similarities, contrasting characteristics, concluding, stating what happened in situations that have not been observed, seeking explanations, formulating questions based on hypotheses, choosing the tools and materials/resources to be used, and choosing what would be implemented in the form of what, science process skills were measured. the n-gain test and the paired sample t-test were used to examine the research findings. the paired sample t-test showed a t value of -18.168 with a significance level of less than 0.05, or (0.001), meaning 0.001 0.05, signifying that h0 was rejected and h1 was accepted. the findings of the n-gain test value were 0.7705 with high criteria. the use of student work sheets (lks) based on science process skills (kps) was effective on learning outcomes students at sma negeri 1 sebatik as shown by the significant difference between the average pretest and posttest scores and the achievement of class mastery learning outcomes reached a score of 75% with a kkm score of 72. keywords: science process skill, learning outcomes