UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Drama Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Drama Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Malinda Bureken

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas viii di smp negeri 11 tarakan. metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang termasuk ke dalam penelitian korelasi. metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes yang terdiri dari tes penguasaan kosakata dan tes melulis teks drama. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh/sensus. persentase variabel penguasaan kosakata pada kategori rendah 14%, kategori sedang 65%, dan kategori tinggi 21%. sedangkan persentase variabel keterampilan menulis teks drama pada kategori rendanh 0%, kategori sedang 81%, dan kategori tinggi 19%. hasil dari penelitian ini yaitu “terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas viii di smp negeri 11 tarakan”. data yang diperoleh dari hasil dari uji korelasi menggunakan bantuan dari software spss 26.0 for windows analisis product moment adalah rhitung 0,402 > rtabel 0,216 maka hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas viii di smp negeri 11 tarakan yaitu positif “ha diterima dan ho ditolak”. kata kunci: hubungan penguasaan kosakata, keterampilan menulis teks drama

Abstrak Indonesia

This study attempted to determine whether or not vocabulary mastery and drama text writing skill were related at class viii students of smp negeri 11 tarakan. quantitative research techniques, such as correlation research, were used in this study. a test instrument that included a writing exam for a drama text as well as a vocabulary mastery test was utilized to collect data for this study. testing, interviews, dan documentation were the methods used in this study to acquire data. saturated/census sampling was the approach employed. in the low category, the variable percentage of vocabulary mastery was 14%, in the middle category, 65%, and the high category, 21%. in the meantime, 0%, 81%, and 19% of drama text writing skill factors fell into low, medium, and high categories, respectively. according to the study’s findings, “class viii students at smp negeri 11 tarakan had a positive and significant relationship between vocabulary mastery and drama text writing skill,” the correlation test results using the spss 26.0 for windows product moment analysis software showed that rcount 0,402 > rtable 0,216 “ha was accepted and ho was rejected” which means that there was a significant relationship between vocabulary mastery and drama text writing skill at class viii students of smp negeri 11 tarakan. keywords: the relationship of vocabulary mastery, drama text writing skill