UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pengaruh Perubahan Beban Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pembangkit PLTMG Tanjung Selor 15 MW

Analisis Pengaruh Perubahan Beban Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pembangkit PLTMG Tanjung Selor 15 MW

Pengarang : Emanuel Flavianus

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pengaruh perubahan beban terhadap konsumsi bahan bakar pembangkit pltmg. berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pengaruh perubahan beban terhadap biaya bahan bakar pembangkit pltmg berbanding lurus dimana semakin tinggi perubahan beban yang dihasilkan maka semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan. biaya bahan bakar sebuah pembangkit sangat mempengaruhi daya yang dihasilkan, yang kemudian akan mempengaruhi beban. oleh karena itu, perlu dilakukan suatu analisa tentang pengaruh perubahan beban tersebut terhadap biaya operasi khususnya pada biaya bahan bakar yang dikeluarkan. berdasarkan analisis pemakaian bahan bakar selama satu hari engine 1 juah lebih besar di bandingkan engine 2 yaitu sebesar 35,739 liter dan 24,928 liter, sedangkan untuk produksi listrik engine 1 jauh lebih kecil di bandingkan engine 2 yaitu sebesar 142.229 kwh dan 86.027 kwh. sedangkan untuk pemakaian sfc untuk membangkitkan 1 kwh engine 1 lebih kecil dari pada engine 2 yaitu 0.251277869 liter/kwh dan 0.255308617 liter/ kwh. sedangkan untuk efesiensi thermal sendiri jauh lebih bagus engine 1 dibandingkan engine 2 yaitu 1.2 % dan 0.8%. dan untuk heat rate engine 1 juah lebih kecil dari pada engine 2 yaitu sebesar 33.702 btu/ kwh dan 52.9392 btu/ kwh dikarenakan perawatan engine 1 lebih sering di bandingkan engine 2. kata kunci: konsumsi bahan bakar (specific fuel consumption)

Abstrak Indonesia

Effect of load changes on fuel consumption of mhp plants. the research result revealed that the effect of load changes on the fuel cost of the mhp plant was directly proportional; the higher the change in the resulting load, the higher the costs incurred. the fuel cost of a power plant really affects the power generated, which then affects the load. therefore, it was necessary to research the effect of these load changes on operating costs, especially on the fuel costs incurred. based on the research result showed that fuel usage for one day engine 1. was much more significant than engine 2, which was 35,739 litres and 24,928 litres, while for electricity production, engine i was much smaller than engine 2, which was 142,229 kwh and 86,027 kwh. as for using sfc to generate 1 kwh, engine i was smaller than engine 2, which was 0.251277869 litres/kwh and 0.255308617 litres/kwh. while for thermal efficiency itself was much better engine 1 than engine 2 which was 1.2% and 0.8%, and for heat rate, engine i was much smaller than engine 2, which was 33,702 btu/kwh and 52,9392 btu/kwh because engine i maintenance was more frequent than engine 2 keywords: specific fuel consumption, load changes