
Pengaruh Berbagi Pengetahuan Dan Kemampuan Serap Terhadap Inovasi Produk Batik (Studi Pada UMKM Batik Di Kabupaten Nunukan)
Pengarang : Adinda Ayu Febrianti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh berbagi pengetahuan dan kemampuan serap terhadap inovasi produk batik. pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei, cara mengumpulkan data menggunakan kuesioner. metode pengambilan sampel yang di gunakan adalah sampel jenuh yang memakai semua jumlah sampel dalam penelitian. metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan umkm batik sebanyak 100 responden yang berisi pertanyaan secara tertulis kepada responden untuk mendapatkan informasi yang diperlukan oleh peneliti. metode analisis yang digunakan adalah partial least square (pls ver 4). hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel knowladge collecting berpengaruh signifikan terhadap kapasitas daya serap dan kapasitas daya serap berpengaruh terhadap inovasi produk sedangkan knowladge donating tidak berpengaruh signifikan terhadap kapasitas daya serap. kata kunci : knowledge donating. knowledge collecting, kapasitas daya serap, inovasi produk.
Abstrak Indonesia
This research aims to examine the effect of knowledge sharing and absorptive capacity on batik product innovation. this research uses quantitative research with a survei method with collecting data using a questionnaire. the sampling method used was a saturated sample which used the entire number of samples in the research. the data collecting method is the distributing questionnaires to 100 batik information needed by the researchers. the analytical method use is partial least square ( pls ver 4). the result of this study show that variable knowledge collecting has a significant effect on absorptive capacity and absorptive capacity has an effect on product innovation, meanwhile knowledge donating does not have a significant effect on absorption capacity. keywords : knowledge donating. knowledge collecting, absorption capacity, product innovation.