UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Model Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Sembakung

Efektivitas Model Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Sembakung

Pengarang : Siti Syaibah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran learning starts with a question (lsq) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas viii smp negeri 1 sembakung tahun ajaran 2022/2023. jenis penelitian ini adalah true experimental dengan pendekatan kuantitatif. dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah post-test only control group design, yakni menempatkan subjek penelitian ke dalam dua kelas yang dibedakan menjadi kategori kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yakni teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak. instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan lembar tes, teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan jenis tes bentuk uraian, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi data sekolah. hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran learning starts with a question (lsq) = 93,37, untuk kelas yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional = 72,00. berdasarkan dari hasil uji beda (uji akhir) dengan menggunakan uji z diperoleh nilai z_hitung > z_tabel (12,00733 > 1,6450). maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning starts with a question (lsq) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 1 sembakung. kata kunci: efektivitas, learning starts with a question, hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

This research aimed to determine the effectiveness of the learning model of learning starts with a question (lsq) on students' mathematics learning outocomes in class viii smp negeri 1 sembakung for the 2022/2023 academic year. the type of research is true experimental with a quantitative approach. in this study, the design used was a post=test-only control group design, namely placing research subject into two classes which were devided into experimental class and control class, with sampling used a simple random sampling technique, which means that the sample was taken randomly from the population. the instruments used in this research were lesson plans, students workhseets, and test sheets. then, the technique of collecting data used written test on the type of essay tests. the last data was documentation to obtain school data infoemation. the results of this research showed that the average score for students' mathematics learning outcomes applied with the learning starts with a question (lsq) learning model = 93,37, for classes applied with conventional learning model = 72,00. based on the results of the different tests (final test) using the z-test, the value z-count > z-tabel was obtained (12,000733 > 1,6450). so it can be concluded that the learning starts with a question (lsq) learning model is effective on the student' mathematics learning outcomes of class viii smp negeri 1 sembakung. keywords: effectiveness, learning starts with a question, mathematics learning outcomes.