
Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII (1) SMP Negeri 11 Tarakan Ditinjau Dari Self-efficacy
Pengarang : Lina Ervana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii (1) smp negeri 11 tarakan ditinjau dari self-efficacy. metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. subjek dalam penelitian ini yaitu 2 siswa dengan self-efficacy tinggi. peneliti mengumpulkan data dengan memberi angket, melakukan wawancara dan menganalisis dokumen. dokumen yang digunakan adalah dokumen lembar jawaban ulangan harian siswa. teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif miles, huberman dan saldana (2014). penelitian menunjukkan bahwa temuan yang diperoleh dalam kemampuan komunikasi matematis siswa meliputi memahami soal, representasi simbolik, menggambar situasi soal, menyusun model matematika dan menginterpretasi soal. komunikasi matematis dalam penelitian ini terdiri dari tiga indikator yaitu menginterpretasi soal, menyusun model matematika dan menggambar situasi soal. dalam indikator menginterpretasikan soal, subjek mampu memahami permasalahan pada soal dan menemukan informasi yang diketahui dan ditanyakan, selanjutnya subjek mampu mengubah informasi kedalam bentuk simbol dan subjek mampu merumuskan kesimpulan yang diperoleh dari menyekesaikan masalah pada soal, di indikator kedua yaitu menyusun model matematika subjek mampu menentukan dan menjelaskan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah pada soal. terdapat beberapa keunikan dalam penelitian ini, diantaranya subjek a selalu menggambarkan situasi soal ketika mengerjakan soal yang berkaitan dengan geometri sedangkan subjek n tidak mengikuti aturan penulisan matematis walaupun demikian subjek n paham dalam menggerjakan dan mampu menjawab soal dengan benar. kata kunci: komunikasi matematis, profil, self-efficacy
Abstrak Indonesia
This research aimed to determine the mathematical communication abilities of eight grades at smp negeri 11 tarakan regarding self-efficacy. the research method is qulitative research with case study approach. the research subjects were two students with high self-efficacy. in collecting research data, this research employed questionnaires, interviewes and analyzing documents, the student’s daily answer sheet document. the data analysis technique used is the miles, huberman and saldana (2014) qualitative analysis model. the research found that students’ mathematical communication skills include understanding questions, symbolic representation, drawing problem situations, compiling mathematical models and interpreting problems. mathematical communication in this research consists of three indicators: analyzing questios, collecting mathematical models and drawing problem situations. in solving question, the subject can understand the problem and find what the problem is asking. morever, the can subject can switch the information into symbol form and formulate conclusions of solving the problem in the problem. in compiling a mathematical model, the subject can determine and explain mathematical concepts in solving the problems. also, the finding showed the subject’s uniqueness as subject a always describes problem situations when solving the geometry problem, while subject n does not follow mathematical writing rules. however, subject n understood what he was doing and could solve the problem correctly. keywords: mathematical comunnications, profile, self-efficacy