
Efektivitas Pendidikan Matematika Realistik Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas IV SD Materi Pecahan Senilai
Pengarang : Darfirmanita
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Pendidikan matematika realistik merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep matematika dengan berpedoman pada karakteristik pendidikan matematika realistik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan matamatika realistik dengan menggunakan media visual pada siswa kelas iv sd materi pecahan senilai. jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain penelitian the one group pretest-posttest. penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan yaitu 1 kali pretest, 3 kali pembelajaran, 1 kali posttest. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pendidikan matematika realistik dengan menggunakan media visual mendapatkan nilai rata-rata 82,07 dengan kategori tinggi dan ketuntasan secara klasikal mencapai 85,7%. (2) persentase aktivitas siswa berada pada rentang persentase sebesar 80%-90% dengan kategori baik sekali. (3) pembelajaran melalui penerapan pendidikan matematika realiistik dengan menggunakan media visual pada siswa kelas iv mendapat respon positif dengan rata-rata persentase sebesar 92,7% dengan kategori sangat baik. dari hasil analisis deskriptif dan inferensial ketiga indikator efektivitas telah terpenuhi, maka pembelajaran dikatakan efektif. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan matematika realistik dengan menggunakan media visual efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa kelas iv sd materi pecahan senilai. kata kunci: pendidikan matematika realistik, media visual, hasil belajar, aktivitas siswa, respon siswa
Abstrak Indonesia
Realistic mathematics education is the learning that enables student to understand mathematical concepts by using realistic mathematical education characteristics. the purpose of this research was to assess the efficiency of realistic mathematics teaching using visual media to deliver material valued at the fourth-grade of students. using one group pre-test and post-test resource design, this research was pre- experiment research involving one class as an experimental class without a control class. the research was conducted in five meetings: one pre-test, three lessons, and one post-test. according to findings; (1) students' mathematics learning outcomes after the implementation of realistic mathematics education using visual media obtained an average score of 82.07 with high category and classical completeness reached 85.7%. (2) the percentage of student' activity ranged from 80% to 90% in the excellent group. (3) learning through the use of actual mathematics education utilizing visual media for grade iv students obtained a positive reaction with very good average percentage 92.7%. considering the three measures of effectiveness were achieved primarily as a consequence of descriptive and inferential analysis, learning can be considered to be effective. therefore, it can be determined that realistic mathematics education implementing visual media is effective in teaching fractions of fourth graders. keywords: realistic mathematics education, visual media, learning outcomes, students activity, student response